Sabtu 30 Oct 2021 05:30 WIB

Basarnas Cari Tiga Nelayan Hilang di Perairan Konawe Selatan

Perahu yang digunakan ketiga korban untuk memancing dilaporkan alami kecelakaan.

Petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Basarnas melakukan pencarian terhadap tiga orang yang dilaporkan hilang saat memancing ikan di perairan Pulau Saponda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Jumat mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian tersebut pada pukul 21.30 Wita dari keluarga para korban bernama Rasman.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 21.45 Wita tim penyelamat Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKP) Kendari diberangkatkan menuju lokasi kejadian menggunakan perahu karet untuk memberikan bantuan SAR," kata Aris melalui rilis Humas Basarnas Kendari.

Baca Juga

Dia menyebut ketiga korban bernama Yusrin (35), Haris (33), dan Rahman (51). Perahu yang digunakan ketiga korban untuk memancing ikan di perairan Saponda Darat dilaporkan mengalami kecelakaan akibat kerusakan baling-baling.

Ketiga korban dilaporkan keluar melaut pada pukul 17.00 Wita dari Bungkutoko, Kota Kendari menuju perairan Pulau Saponda, Kabupaten Konawe Selatan, untuk memancing ikan."Dan pada pukul 20.30 wita baling-baling longboat tersebut mengalami kerusakan atau terlepas dari as sehingga longboat tidak bisa olah gerak dan terbawa oleh arus," jelas dia.

Dia menyebut, jarak tempuh lokasi kejadian kecelakaan dengan dermaga utama Basarnas Kendari sekitar 15,3 mil laut."Saat operasi SAR cuaca berawan, tinggi gelombang 0,1 - 0,5 meter, Kecepatan angin 2-15 knot. Demikian, perkembangan selanjutnya menyusul," demikian Aris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement