Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Wapres Minta MES Berperan dalam Kebangkitan Ekonomi Warga

Sabtu 30 Oct 2021 02:34 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: BPMI/Setwapres
Kehadiran MES harus dapat dirasakan oleh masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta peran Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Wapres mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat segala sektor terdampak, termasuk perekonomian masyarakat hingga sektor terkecil.

Karena itu, Wapres mendorong Silaturahim Kerja Nasional (SILAKNAS) MES Tahun 2021 yang mengusung tema Mendorong Kebangkitan Ekonomi Umat Melalui Penguatan Sinergi dan Optimalisasi Potensi Organisasi dapat menjadi penggerak dalam pengembangan usaha masyarakat.

“Kehadiran MES harus dapat dirasakan oleh masyarakat, menghadirkan solusi bagi kemaslahatan masyarakat dan menjadi motor penggerak dalam pengembangan usaha masyarakat, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” kata Wapres saat meresmikan pembukaan SILAKNAS MES 2021 secara virtual, Jumat (29/10).

Karena itu, Wapres berharap dalam SILAKNAS MES kali ini menjadi forum saling berdiskusi, berdiskusi, bersinergi, berkolaborasi, dan mengevaluasi semua program dan kegiatan yang telah dilakukan agar membuahkan hasil dan manfaat bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

Wapres juga berharap, MES terus mengawal implementasi empat fokus pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang telah ditetapkan Pemerintah. Yakni pengembangan dan perluasan industri produk halal, pengembangan dan perluasan industri keuangan syariah, termasuk penguatan peran Institusi Keuangan Mikro Syariah, pengembangan dan perluasan dana sosial syariah melalui zakat, infak sedekah, dan wakaf (ZISWAF); serta pengembangan dan perluasan kegiatan usaha syariah, terutama penumbuhan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala UMKM.

"MES harus dapat mengawal implementasi empat fokus tersebut dalam bentuk program kongkrit, yang nantinya setiap program bisa diukur kemajuannya dari waktu ke waktu," ujar Wapres.

Wapres juga mengapresiasi berbagai inisiatif dan inovasi yang telah dilakukan MES dalam membangun ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang lebih baik, sekaligus menjadi mitra pemerintah. Wapres, mengingatkan kunci utama keberhasilan dalam percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah terletak pada sinergi dan kolaborasi yang terpadu antar lembaga ataupun organisasi.

"Saya berharap agar MES dapat bersinergi untuk menyukseskan program-program KNEKS. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada MES yang telah bersedia untuk bekerjasama dengan KNEKS, IAEI dan KADIN terutama dalam membangun program pusat inkubasi dan pemberdayaan para pengusaha syariah di berbagai daerah," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA