Jumat 29 Oct 2021 19:49 WIB

Ini 7 Pekerjaan  yang tidak Akan Pernah Mati

Bidang yang menguasai pekerjaan jangka panjang adalah bidang IT.

Inilah tujuh pekerjaan yang bersifat jangka panjang dan tak akan pernah mati.
Foto: Dok UNM
Inilah tujuh pekerjaan yang bersifat jangka panjang dan tak akan pernah mati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pasti ingin memiliki pekerjaan yang hebat, bergaji tinggi dan menjanjikan di masa depan. Namun, tak sedikit pekerjaan yang tergantikan bahkan telah mati tergerus oleh kemajuan zaman. Hal ini, tentunya akan membuat kekhawatiran bagi mahasiswa tingkat akhir, dari berbagai jurusan yang akan terjun ke dalam dunia kerja.

Untuk itu, bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan, agar dapat memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Pastinya pekerjaan itu merupakan pekerjaan yang menjanjikan di masa depan, serta berjangka panjang atau tidak akan cepat mati tergerus zaman.

Mengingat saat ini telah masuki zaman yang serba digital, pekerjaan yang banyak dibutuhkan pun merupakan spesialis digital. Tentunya pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang bergelut di sektor teknologi, seperti ahli IT (information technology) dan data science. Pekerjaan apa saja itu dan jurusan apa saja yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan tersebut?

Berikut pekerjaan jangka panjang beserta jurusannya yang sesuai, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (29/10).

1. Data scientist

Pekerjaan sebagai data scientist sudah diprediksi akan menjadi peluang pekerjaan jangka panjang di masa depan sejak tahun 2012. Hal, ini telah terbukti di tahun 2018 ada 190.000 orang yang menggeluti pekerjaan ini di Amerika. Bahkan sampai saat ini, beberapa perusahaan berani menggaji karyawannya dengan angka yang fantastis.

Dalam pekerjaan ini, kalian akan bertugas untuk melakukan penelitian terkait data pada perusahaan yang akan digunakan sebagai metode penentuan keputusan. Jadi, bagi kalian yang berminat menjadi data scientist, kalian harus memiliki kemampuan riset, menganalisis, pemrograman, statistika, hingga penguasaan bahasa asing. 

Di samping itu, jurusan yang tepat dan terkait dengan pekerjaan ini tentunya adalah Sains Data. Sedangkan untuk jurusan terkait lainnya kalian bisa memilih jurusan Matematika, Statistika, Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

2. Data analyst

Tidak jauh berbeda dengan data scientist, pekerjaan sebagai data analyst pun terbilang tidak akan pernah mati tergerus oleh zaman. Sama halnya pekerjaan ini, juga sangat dibutuhkan banyak perusahaan untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pada umumnya, yang dilakukan oleh seorang data analyst yakni pembersihan data (data cleaning), menganalisis data tersebut, dan membuat visualisasi data. Data analyst juga dapat dikatakan berperan sebagai estafet kedua, setelah data engineer dan kemudian memberikan hasilnya pada data scientist. Skill yang mesti kalian miliki untuk pekerjaan ini tidak jauh beda dengan data scientist.

Di samping itu, bagi kalian yang berminat menjadi data analyst, kalian dapat memilih jurusan sama dengan data scientist yakni Matematika, Statistika, SIstem Informasi, dan Teknik Informatika. Adapun yang lebih menjurus pada pekerjaan ini yakni Sains Data, sama halnya seperti data scientist.

3. Data engineer

Secara umum, arti dari data engineer sendiri merupakan seseorang yang mengatur dan mengelola proses arsitektur data pada sebuah perusahaan. Infrastruktur tersebut dapat berupa basis data (database), pipeline, atau warehouse.

Di samping itu, dengan jumlah kebutuhan data yang semakin besar, tidak mungkin dapat ditampung dengan hanya bermodalkan infrastruktur konvensional saja. Data engineer-lah yang bertugas untuk membangun sekaligus merancang informasi untuk kepentingan bisnis dan pengembangan produk perusahaan.

Secara garis besar, data engineer ini tidak jauh beda dengan data analyst dan data scientist. Mengutip dari Sekawan Media, perbedaan yang paling mendasar dari ketiga profesi ini adalah dalam mengolah data. Urutannya, data mentah yang sangat banyak di olah oleh Data Engineer. 

Lalu, diberikan ke data analyst untuk dibuat visualisasinya. Setelah itu, di data scientist dibuat pemodelan pembuat keputusan. Di samping itu, skill yang harus kalian kuasai pun tidak jauh beda dengan data analyst dan data scientist.

Bagi kalian yang berminat menjadi data engineer, kalian dapat memilih jurusan sama dengan scientist yakni Matematika, Statistika, SIstem Informasi, dan Teknik Informatika. Karena masih menjurus ke pengolahan data, ada Jurusan Sains Data yang lebih menjurus sama halnya seperti data analyst dan data scientist.

4. Machine learning engineer

Machine learning engineer, pekerjaan yang satu ini juga termasuk ke dalam pekerjaan jangka panjang yang tidak akan pernah mati. Pasalnya, di zaman yang serba digital ini, telah banyak perusahaan yang mengunakan teknologi robot dan kompuer. Machine learning engineer-lah yang berperan sebagai pembuatan algoritma untuk proses pembelajaran mesin.

Bagi kalian yang tertarik dengan profesi ini, kalian harus terbiasa dengan big data atau data dalam jumlah besar dalam pekerjaannya sehari-hari. Skill yang harus kalian kuasai pun seputar bahasa pemrograman, ilmu komputer dan pemrograman, statistika hingga desain sistem.

Adapun jurusan yang bisa kalian pilih untuk meniti karier di bidang ini antara lain Matematika, Ilmu komputer, Sains Data, ataupun Statistika.

5. Digital marketing spesialist

Digital marketing spesialist merupakan pekerjaan yang cukup banyak dicari dan membutuhkan keahlian khusus dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, di zaman sekarang hampir semua aspek kehidupan telah di digitalisasi, bahkan proses jual beli saat ini pun dilakukan secara online. 

Mengutip dari CloudHost, salah satu tugas penting dari seorang digital marketing spesialist yakni merencanakan serta melaksanakan berbagai pengembangan seluruh web yang berkaitan dengan perusahaan, email, SEO atau SEM, iklan online, juga media sosial.

Jadi, bagi kalian yang berminat dengan pekerjaan ini, kalian harus menguasai bidang pemasaran, pemasaran online, dan bidang terkait lainnya. Untuk itu, beberapa jurusan yang tepat untuk pekerjaan ini yakni Pemasaran Digital, Manajemen Bisnis dan Bisnis Digital. 

6. Robot engineer

Robot engineer atau teknisi robot juga termasuk ke dalam salah satu pekerjaan jangka panjang yang tidak akan pernah mati. Pasalnya, teknisi dalam dunia robotika masih menjadi tulang punggung dalam industri 4.0. Sehingga, diperkirakan peluang kerjanya akan terus tumbuh di masa yang akan datang. 

Salah satu peran teknisi robot ini yakni, mengembangkan robot dalam bidang yang lebih luas. Seperti robot yang digunakan di lini produksi perusahaan otomotif dan robot yang menyertai dalam bahaya. Untuk itu, bagi kalian yang berminat menjadi teknisi robot, kalian harus menguasai skill computer dan elektronika, mekanika robotik, rekayasa dan teknologi, hingga penguasaan bahasa asing.

Adapun jurusan yang bisa kalian pilih untuk meniti karier di bidang ini antara lain Ilmu Teknik, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan jurusan lain yang berkaitan dengan robotik.

7.  Information security analyst

Seorang information security analyst  merupakan orang yang bertanggung jawab menjaga keamanan perangkat informasi. Pekerjaan ini terdapat pada perusahaan, pemerintahan, militer, bahkan di organisasi-organisasi non-profit atau non-pemerintahan. Hal ini, tentunya membuat pekerjaan ini masuk kedalam list pekerjaan jangka panjang yang tidak akan pernah mati.

Tugas lain dari seorang Information security analyst di antaranya adalah pengamanan dari pencurian identitas, pencurian data, pencurian perangkat, malware, sabotase digital, hingga serangan akun media sosial.

Bagi kalian yang berminat bekerja di bidang ini, kalian harus memiliki pengetahuan tentang ethical hacking, memahami computer forensic, hingga paham mengenai cyber security. Tentunya, pengetahuan tersebut bisa kalian dapat dengan melanjutkan pendidikan di bidang IT. Diantaranya ada Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Infomasi dan jurusan-jurusan IT lainnya.

Nah, itulah pekerjaan jangka panjang yang tidak akan pernah mati. Bagi kalian yang ingin bekerja dengan prospek jangka panjang untuk ke  depannya, kalian bisa bekerja pada salah satu dari ketujuh bidang pekerjaan di atas.

Dari ketujuh bidang pekerjaan di atas, bisa terlihat bahwa bidang yang menguasai pekerjaan jangka panjang adalah bidang IT. Bagi kamu yang bingung untuk memilih kampus mana yang memiliki jurusan IT terbaik di Indonesia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) bisa kalian jadikan sebagai pilihannya.

UNM membuka dua fakutas,  yakni  Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Di  dalamnya ada tujuh program studi (Prodi) yakni, untuk FTI ada Ilmu Komputer (S2), SIstem Informasi (S1), Informatika (S1) dan Sains Data (S1). Sedangkan untuk FEB ada Manajemen (S1), Bisnis Digital (S1), dan Perhotelan (D3). 

Dilihat dari program studi yang tersedia, UNM sangat cocok menjadi kampus pilihan bagi kalian yang ingin bekerja pada salah satu dari ketujuh bidang pekerjaan di atas. Untuk info pendaftaran, UNM  telah membuka pendaftaran bagi kalian yang ingin masuk periode perkuliahan bulan Maret 2022. 

Sementara untuk periode perkuliahan September 2022, telah dibuka pendaftaran gelombang I. Selain itu, UNM juga memberikan kemudahan bagi calon mahasiswanya untuk mendaftar kuliah. Kalian bisa mendaftarkan diri kalian melalui aplikasi MyNusa PMB yang tersedia di playstore atau melalui laman https://daftar.nusamandiri.ac.id/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement