Jumat 29 Oct 2021 19:07 WIB

Persiapkan Dirimu, Seleksi IMSO 18 Tahap I Segera Dimulai

Diharapkan peserta dapat mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) ke-18 bagi peserta kelas 5-6 Sekolah Dasar, yaitu pada Minggu, 7 November 2021
Foto: istimewa
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) ke-18 bagi peserta kelas 5-6 Sekolah Dasar, yaitu pada Minggu, 7 November 2021

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Klinik Pendidikan MIPA (KPM) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) ke-18 bagi peserta kelas 5-6 Sekolah Dasar, yaitu pada Minggu, 7 November 2021.

General Manager Diklat dan Lomba KPM Herman Hadiwijaya mengingatkan agar peserta dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk seleksi ini. Mengingat bahwa seleksi ini akan dilaksanakan secara online, maka peserta harus menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan seleksi ini. 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan peserta yaitu jaringan internet yang stabil, laptop atau komputer sebagai perangkat untuk mengakses zoom, serta device tambahan (kamera atau smartphone) yang terkoneksi dengan zoom untuk pemantauan pelaksanaan seleksi.

Meskipun pelaksanaan seleksi dilakukan oleh peserta di rumah masing-masing, tetapi peserta harus tetap menjaga kesehatan dan belajar dengan giat untuk menghadapi soal-soal pada seleksi ini. Peserta harus banyak berlatih soal, terutama materi yang menjadi silabus dari KSN dan IMSO. Keduanya saling berkaitan karena memang sudah menjadi rangkaian kompetisi.

"Persiapan yang lebih penting lagi adalah harus meningkatkan ibadah kita kepada Tuhan. Kami percaya dan yakin bahwa segala sesuatunya telah diatur oleh-Nya. Tidak ada daya upaya serta kekuatan dan kemampuan apapun selain dari yang dimiliki oleh-Nya.Libatkan Tuhan dalam segala tindak tanduk kita. Semoga Tuhan memberikan hasil yang terbaik dari setiap usaha kita," jelas Herman.

Adapun alur pelaksanaan seleksi IMSO bagi peserta yang sudah terdaftar yaitu masuk ke group khusus IMSO 18 untuk penyampaian informasi lebih cepat dan lebih lanjut. Nantinya peserta akan diundang untuk masuk ke group tersebut. 

Setelah itu peserta akan diarahkan untuk mengikuti Technical Meeting sebelum pelaksanaan agar pada saat seleksi berlangsung dapat meminimalkan kendala teknis. Sesaat sebelum pelaksanaan seleksi baik tahap I maupun tahap II, panitia akan memastikan kembali terkait dengan device atau perangkat yang dibutuhkan serta mengecek tampilan kamera pemantau (zoom).

Lanjutan dari seleksi tahap I, yaitu seleksi tahap II pada 12 November, proses karantina pada 23 November-11 Desember, dan final IMSO 18 pada 14-19 Desember. Bagi peserta yang tidak lolos di seleksi tahap I dan II secara otomatis akan terdaftar di IMSO Paralel.

Pendaftaran IMSO 18 ini masih dibuka sampai tanggal 4 November 2021. Bagi peserta kelas 5-6 Sekolah Dasar yang ingin mendaftar IMSO, dapat langsung mengakses website KPM di www.kpm.read1institute.org dengan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000/orang.

Diharapkan peserta dapat mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya dalam  melaksanakan tahapan seleksi ini. Selain itu, KPM sangat berharap bahwa peserta akan menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam melaksanakan proses seleksi ini agar Indonesia dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berbudi luhur.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement