Jumat 29 Oct 2021 18:12 WIB

Strategi Pabrikan Ban Tumbuh Kembali Saat Pandemi

Selama pandemi, produsen ban juga sempat terdampak pelemahan pasar.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ban gajah tunggal. ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ban gajah tunggal. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ban merupakan salah satu komponen utama dalam kendaraan. Ban memengaruhi sejumlah hal mulai dari keamanan, kenyamanan dan efisiensi.

Selama pandemi, produsen ban juga sempat terdampak pelemahan pasar. Mengingat, selama pandemi penjulan mobil sempat merosot dan mobilitas masyarakat pun ditekan sehingga hal ini berpengaruh terhadap volume permintaan ban.

Baca Juga

Tapi, seiring dengan pemulihan pasar, kini permintaan ban pun mulai menunjukan peningkatan. Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk, Leonard Gozali mengatakan, saat ini jumlah permintaan ban untuk Gajah Tunggal mulai kembali pulih.

"Pemulihan permintaan terjadi baik untuk permintaan dari pabrikan kendaraan maupun permintaan dari end user seperti konsumen fleet serta konsumen kendaraan pribadi," kata Leonard kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Pemulihan pasar ini pun membuat Gajah Tungal merasa percaya diri untuk meluncurkan dua produk baru yakni GT Radial Champiro SX-R dan GT Radial Champiro Ecotec. Lewat dua produk terbaru itu, Gajah Tunggal yakin setiap produk ban yang dihadirkan mampu menjawab kebutuhan konsumen yang beragam.

Menurutnya, GT Radial Champiro Ecotec juga dipercaya oleh Toyota dan Daihatsu. Karena, produk ini dipilih sebagai ban original equipment manufacturer (OEM) untuk Toyota Raize dan juga Daihatsu Rocky. Artinya, jangkauan Gajah Tunggal dalam memenuhi produk OEM yang sesuai dengan standar pabrikan pun semakin hari semakin luas.

Produk ini sendiri menggunakan advanced nano compound untuk menekan koefisien gesek sehingga bisa berperan dalam meningkatkan efisiensi kendaraan. Tapi, meski hadir dengan hambatan gulir yang rendah, ban ini tetap mampu memberikan grip yang optimal dalam berbagai kondisi.

Sementara, kehadiran GT Radial Champiro SX-R sendiri dihadirkan bagi konsumen yang menginginkan ban sport ultra high performance. Karena, ban street legal ini hadir dengan shoulder block dan rib tengah yang lebar, advanced cap ply material, dinding alur bergelombang dan menggunakan kompon high styrene racing.

Dengan penerapan fitur itu, maka ban ini mampu menyajikan grip optimal saat menikung dan memiliki performa yang konsisten dalam suhu tinggi.

Selanjutnya, agar bisa terus memberikan penetrasi pasar yang lebih optimal, Gajah Tunggal juga terus berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi produk yang mampu menjawab beragam kebutuhan pasar.

"Kami akan selalu melengkapi varian kami dengan jenis dan ukuran yang beragam. Dengan begitu, produk Gajah Tunggal akan selalu jadi pilihan karena dikenal berkualitas tapi hadir dengan harga yang kompetitif sehingga mampu menawarkan value for money yang terbaik," ujarnya.

Tak hanya melakukan inovasi produk, Gajah Tunggal juga melakukan inovasi layanan lewat digitalisasi. Digitalisasi layanan ini hadir melalui aplikasi Speedwork Autocare. Dengan aplikasi itu, maka konsumen akan dimudahkan dalam mencari produk di jaringan resmi Gajah Tunggal seperti Tirezone dan MotoXpress yang terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement