Jumat 29 Oct 2021 16:53 WIB

Lagi, Helvy dan Asma Masuk 500 Muslim Paling Berpengaruh

Keduanya masuk dalam The World’s 500 Most Influential Muslims 2022.

Dua penulis yang merupakan kakak-beradik, Helvy Tiana Rosa (kanan)  dan Asma Nadia kembali masuk  500 Muslim Paling Berpengaruh Dunia yang diumumkan menjelang akhir Oktober 2021.
Foto: Istimewa
Dua penulis yang merupakan kakak-beradik, Helvy Tiana Rosa (kanan) dan Asma Nadia kembali masuk 500 Muslim Paling Berpengaruh Dunia yang diumumkan menjelang akhir Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, lembaga riset The Royal Islamic Strategic Studies Centre, Jordan, merilis buku 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia (The World's 500 Most Influential Muslims), dari berbagai bidang. Nama-nama didapatkan dari hasil riset dan nominasi yang diberikan oleh masyarakat dan diumumkan menjelang akhir Oktober 2021.

Untuk buku edisi 2022, terdapat 24 nama dari Indonesia,  empat  di antaranya penulis sastra, yaitu KH Mustofa Bisri (Scholarly Category), Goenawan Muhammad (Media Category), Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia (Arts and Culture Category).

Pada kategori Arts and Culture, di samping pegiat seni lainnya, terdapat 13 sastrawan dunia (6 pria, 7 wanita), di  antaranya Abdulrazak Gurnah peraih Nobel Sastra 2021 dari Tanzania; Peraih nobel sastra 2006: Orhan Pamuk,  Novelis The Kite Runner yang juga Duta UNHCR;  Khaled Hossaini, penyair Palestina-Mesir Tamim Al Barghouti;  dan yang termuda G Willow Wilson, penulis muslimah asal Amerika kelahiran 1982.

photo
Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia akan terus berkarya hingga akhir usia.  (Foto: Istimewa)

Penulis prolifik Helvy Tiana Rosa masuk dalam kategori Arts and Culture di daftar ini sejak 2009, dan sang adik yang juga dikenal sebagai novelis best seller Asma Nadia, masuk di kategori yang sama sejak 2013.

“Saya dan Asma akan terus berkarya untuk kemaslahatan umat sampai akhir usia, insya Allah. Semoga karya sastra indonesia lebih banyak diterjemahkan ke bahasa  Inggris /asing lainnya agar lebih dikenal lagi. Terima kasih pada para pembaca setia,” kata Helvy Tiana Rosa kepada Republika.co.id, Jumat (29/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement