Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Chiellini Berharap Donnarumma Kelak Perkuat Juventus

Jumat 29 Oct 2021 15:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Penjaga gawang timnas Italia Gianluigi Donnarumma.

Penjaga gawang timnas Italia Gianluigi Donnarumma.

Foto: AP/Antonio Calanni
Jika punya wewenang di Juve, Chiellini akan berusaha merekrut Donnarumma.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bek tengah Juventus, Giorgio Chiellini, ternyata menyimpan harapan untuk melihat penjaga gawang timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, membela Si Nyonya Tua pada masa mendatang. Bahkan, apabila memiliki wewenang untuk menentukan kebijakan transfer pemain Juventus, Chiellini akan berusaha merekrut eks kiper AC Milan itu.

Juventus sempat disebut-sebut menjadi salah satu klub tujuan Donnarumma usai keputusannya menolak perpanjangan kontrak dari AC Milan. Penjaga gawang berusia 22 tahun itu digadang-gadang bakal menjadi calon pengganti Wojciech Szczesny di bawah mistar gawang I Bianconeri.

Namun, Juventus memutuskan tetap mempertahankan Szczesny. Kepindahan Donnarumma ke I Bianconeri pun urung terlaksana.

Donnarumma akhirnya berlabuh di Paris Saint Germain (PSG) dengan status free transfer pada jendela transfer awal musim ini. Chiellini mengakui kemampuan impresif Donnarumma di bawah mistar gawang.

Meski memiliki karakter yang berbeda dengan eks penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, Donnarumma dinilai memiliki kemampuan di atas rata-rata penjaga gawang lain.

''Buffon dan Donnarumma memiliki karakter berbeda. Namun, Gigio (panggilan Donnarumma) jelas memiliki kemampuan di atas rata-rata dibanding penjaga gawang lain pada saat ini,'' ujar Chiellini kepada DAZN, Jumat (29/10).

Bek tengah berusia 37 tahun itu pun mengungkapkan, saat ini dirinya tidak bisa mempengaruhi kebijakan transfer I Bianconeri. Namun, apabila diberikan wewenang dan kesempatan untuk memutuskan kebijakan transfer Juventus, Chiellini menyebut bakal berusaha mendatangkan eks anggota tim junior AC Milan itu ke Juventus pada masa mendatang.

''Saat ini, saya hanya seorang pesepa kbola dan keputusan itu (merekrut Donnarumma) tidak di tangan saya. Namun, dalam beberapa tahun mendatang, jika saya mencoba sesuatu yang berbeda, maka tentu saja, saya akan mencobanya,'' ujar Chiellini.

Telah menginjak usia 37 tahun, Chiellini memang tengah memasuki usia pensiun sebagai pesepak bola. Kontrak Chiellini bersama Juventus pun akan berakhir pada 2023 mendatang.

Kendati begitu, bukan berarti pengabdian Chiellini kepada Juventus berakhir begitu saja. Bukan tidak mungkin, mantan bek tengah Fiorentina itu bakal ditawari jabatan di jajaran manajemen Si Nyonya Tua usai memutuskan gantung sepatu.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, pun menilai, Chiellini memiliki kemampuan untuk menjadi direktur sepak bola yang hebat pada masa mendatang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA