Jumat 29 Oct 2021 13:16 WIB

Riyadh Negara Terpintar ke-3 dari Anggota G20

Saudi menjadi kota terpintar urutan ketiga dari anggota G20

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Burj Al-Mamlakah, landmark Riyadh lambang kemegahan kota.
Foto: NET
Burj Al-Mamlakah, landmark Riyadh lambang kemegahan kota.

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Menurut data Institut Internasional untuk Pengembangan Manajemen (IMD), kota Riyadh, Arab Saudi menjadi kota terpintar urutan ketiga dari anggota G20. Pencapaian tersebut menjadi kemajuan bagi Saudi tahun 2021.

Riyadh melonjak 23 peringkat dari tahun lalu dan menjadi kota terpintar ke-30 di tingkat global. Dengan klasifikasi ini, Riyadh mengungguli kota-kota besar seperti Los Angeles, Madrid, Hong Kong dan Paris. Selain itu, Madinah juga termasuk sebagai kota Saudi kedua setelah Riyadh karena menempati peringkat ke-73 di dunia dan ke-4 di dunia Arab.

Dilansir Saudi Gazette, Jumat (29/10), kemajuan luar biasa yang dibuat oleh kota Riyadh ini adalah yang kedua di antara negara-negara G20 setelah kota Seoul, Korea Selatan dan terbesar ke-3 di dunia sebagai hasil dari peningkatan besar. Pada kesempatan ini, Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (MCIT), Saudi Data and AI Authority (SDAIA), Komisi Kerajaan untuk Kota Riyadh, Otoritas Pengembangan Wilayah Madinah dan Program Kualitas Hidup menyampaikan terima kasih atas penghargaan ini kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.

Berkat kemajuan di bidang transformasi digital, data dan kecerdasan buatan di Riyadh dan Madinah untuk mencapai kesejahteraan warga, penduduk mengadopsi teknologi terbaru dan solusi digital.  Pencapaian ini menegaskan upaya bersama dari semua sektor negara dalam penyediaan infrastruktur canggih, aplikasi pintar, dan implementasi proyek pembangunan yang menjadikan Riyadh dan Madinah sebagai kota pintar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement