Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

PLN Gelar Lomba Karya Jurnalistik Total Hadiah Rp 400 Juta

Jumat 29 Oct 2021 12:41 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Executive Vice President Corporate Communication And CSR PT PLN (Persero) Agung Murdifi

Executive Vice President Corporate Communication And CSR PT PLN (Persero) Agung Murdifi

Foto: Republika/Prayogi
Ada 9 kategori karya jurnalistik yang dilombakan dalam PLN Journalist Award 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) kembali menggelar PLN Journalist Award 2021 (PJA 2021) sebagai ajang apresiasi terhadap jurnalis Indonesia yang terus membuat karya jurnalistik seputar pengembangan ketenagalistrikan di Tanah Air. Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan informasi seputar perkembangan ketenagalistrikan sangat penting diketahui masyarakat, sehingga pemberitaan yang dibuat para jurnalis sangat membantu PLN dalam memajukan kelistrikan Indonesia.

"Pemberitaan tentang kelistrikan Indonesia menjadi semangat PLN untuk terus memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan, dengan menyediakan listrik andal," kata Agung dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (29/10).

Baca Juga

Terdapat sembilan kategori karya jurnalistik yang dilombakan dalam PLN Journalist Award 2021. Yaitu hardnews media cetak, feature media cetak, hardnews media daring, feature media daring, hardnews televisi, feature televisi, foto esai, dan foto tunggal. Adapun total hadiah yang diberikan mencapai Rp 400 juta dengan rincian hadiah masing-masing kategori adalah juara pertama Rp 25 juta, juara kedua Rp 15 juta, juara ketiga Rp 10 juta.

Agung berharap ajang penghargaan itu dapat memberi motivasi para jurnalis untuk menciptakan karya yang komprehensif, serta menjaga kaidah jurnalistik yang benar, faktual, independen dan mendalam sehingga menghasilkan informasi yang proporsional kepada masyarakat. "Ajang ini diharapkan bisa menjadikan para jurnalis lebih baik lagi dalam berkarya, sehingga masyarakat dapat tercerahkan oleh pemberitaan sesuai dengan kaidah jurnalistik," jelasnya Agung.

Ajang PJA 2021 kali ini bertemakan 'Energi untuk Kebangkitan Ekonomi Negeri'. Dari tema ini PLN mengajak para jurnalis mengangkat informasi seputar peran PLN dalam menyediakan listrik yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi.

Untuk mengikuti PJA 2021, karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa yang bersifat umum pada rentang waktu 1 Maret 2021 sampai dengan 15 Desember 2021. Untuk menjadi peserta PJA 2021, insan media bisa mendaftar dengan mengisi formulir yang dapat diunduh di situs resmi PLN atau di link https://web.pln.co.id/pln-journalist-award-2021. Setelah itu, peserta bisa mendaftar dan menyerahkan hasil karyanya ke email journalist_award@pln.co.id paling lambat 15 Desember 2021. 

Sebelumnya PJA 2020 diikuti hampir 1.000 karya para awak media yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui proses seleksi yang ketat, PJA 2020 menetapkan sebanyak 27 pemenang dari sembilan kategori yang dilombakan tersebut.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA