Jumat 29 Oct 2021 10:06 WIB

Dilaporkan Sekarga ke Menteri BUMN, Ini Reaksi Dirut Garuda

Dirut Garuda dilaporkan terkait liburan keluarga dengan fasilitas perusahaan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat diwawancarai Republika, Cengkareng, Tangerang.
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat diwawancarai Republika, Cengkareng, Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) sebelumnya melaporkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Laporan tersebut terkait liburan keluarga dengan fasilitas perusahaan saat Irfan menghadiri IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra enggan menanggapi laporan tersebut dan memilih untuk fokus dengan upaya restrukturisasi yang dilakukan manajemen saat ini. "Fokus ke restrukturisasi dulu," kata Irfan kepada Republika.co.id, Jumat (29/10).

Baca Juga

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary and Investor Relations Mitra Piranti mengatakan direktur utama Garuda Indonesia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk menghadiri IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021. Pertemuan tersebut menurut Mitra ,mengagendakan pimpinan maskapai global untuk membahas berbagai tantangan industri penerbangan di masa pandemi.

Mitra menjelaskan keikutsertaan pada agenda tersebut sekaligus menunjukan komitmen Garuda Indonesia untuk berperan aktif pada diskusi global. Khususnya dalam fokus pemulihan industri penerbangan internasional.

Mitra menegaskan, agenda tersebut secara khusus memang direncanakan untuk dihadiri secara langsung oleh direktur utama pada masa cuti tahunan. "Ini telah mendapatkan persetujuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan juga telah disampaikan kepada Kementerian BUMN," kata Mitra dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (28/10).

Berkenaan dengan hal tersebut, lanjut Mitra, maka seluruh biaya yang ada ditanggung secara pribadi. Selain menghadiri forum  IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021, Mitra menuturkan direktur utama juga meluangkan waktu untuk mengagendakan 15 pertemuan dengan sejumlah mitra strategis Garuda Indonesia.

"Mitra strategis ini seperti pihak manufaktur, lessor, airline partner, hingga financial advisor dalam kaitan diskusi percepatan proses restrukturisasi perusahaan," tutur Mitra.  

Dalam kesempatan terpisah, Mitra mengatakan direktur utama juga menyempatkan diri bertemu dengan partner kargo dan ground handling di Amsterdam. Hal tersebut dilakukan untuk mendiskusikan fokus peningkatan layanan kargo dari Amsterdam menuju Indonesia.

Sementara itu, Sekarga sebelumnya menyatakan sikapnya terhadap pengakuan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang disampaikan pada saat sharing session bersama karyawan pada Senin (25/10). Sekarga juga menyurati Menteri BUMN Erick Thohir terkait hal tersebut.

Seperti dikutip dari surat yang ditandatangani Ketua Umum Sekarga Dwi Yulianta, Sekarga menilai seharusnya direktur utama lebih memprioritaskan perhatiannya terhadap kondisi Garuda Indonesia saat ini. "Karena undangan tersebut biasanya didelegasikan kepada salah satu manager, senior manager, atau vice president oleh direktur utama," kata Dwi.

Baca juga : Warganet Ejek Video Militer Inggris Ajak Muslimah Bergabung

Dwi mengungkapkan, selain menghadiri undangan tersebut pada 3-5 Oktober 2021 ternyata direktur utama mengakui berlibur bersama dengan keluarga. lalu bari kembali ke Jakarta pada 16 Oktober 2021. Sekarga juga mendapatkan informasi terkait penerbitan kartu member Garuda Indonesia yaitu GA Miles Platinum VIP terhadap empat keluarga direktur utama yaitu anak, menantu, dan cucu.

"Mengingat pentingnya good corporate governance dan core value AKHLAK Kementerian BUMN, hal tersebut sudah menjadi polemik. Maka kami mohon Menteri BUMN dapat membentuk tim investigasi," ungkap Dwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement