Jumat 29 Oct 2021 06:47 WIB

Covid-19 Terkendali, Wapres Apresiasi Kerja Keras Dokter

Wapres berterima kasih atas ketulusan dan pengabdian para dokter menghadapi pandemi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para dokter dalam mengatasi pandemi Covid 19 di Indonesia. Wapres juga berterima kasih atas ketulusan dan pengabdian para dokter yang selama ini telah berjuang di garda terdepan dalam memberikan pelayanan pada masa pandemi Covid-19.

"Berkat kerja keras para dokter dan tenaga kesehatan, alhamdulillah Covid-19 di Indonesia sudah terkendali," ujar Wapres di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kamis (28/10).

Wapres mengajak semua pihak bersama-sama mempertahankan kondisi seperti ini untuk dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19. Termasuk salah satunya, mewaspadai terjadinya gelombang ketiga kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Kita bersama-sama dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19. Namun demikian, kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan munculnya gelombang ketiga Covid-19 seperti terjadi di berbagai negara," ujar Wapres.

Wapres juga menilai perlunya memikirkan upaya pemulihan sistem kesehatan pascapandemi Covid-19. Sebab, terdapat masalah kesehatan lain yang belum terselesaikan.

"Seperti stunting yang masih tinggi, TBC yang masih peringkat kedua dunia dan berbagai penyakit lainnya, baik yang menular maupun tidak menular," katanya.

Menurutnya, pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Secara khusus, Wapres menilai, peran IDI yang sudah 71 tahun hadir di tengah masyarakat telah secara konsisten mengembangkan potensi dokter di Indonesia.

"Meningkatkan harkat, martabat, dan kehormatan diri dan profesi kedokteran di Indonesia, serta mengembangkan riset dan ilmu pengetahuan kedokteran guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement