Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Balikpapan Deteksi 31 Titik Panas

Jumat 29 Oct 2021 02:20 WIB

Red: Nora Azizah

Sebanyak 31 titik panas di Balikpapan tersebar di tujuh Kabupaten.

Sebanyak 31 titik panas di Balikpapan tersebar di tujuh Kabupaten.

Foto: FB Anggoro/ANTARA
Sebanyak 31 titik panas di Balikpapan tersebar di tujuh Kabupaten.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman ( SAMS ) Sepinggan di Kota Balikpapan , mendeteksi adanya 31 titik panas (hotspot). Sebanyak 31 titik panas dilaporkan tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ketujuh Daerah tersebut Adalah Kabupaten Paser , Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Dan Kabupaten Mahakam Ulu," ujar Kepala Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Kamis (28/10). 

Baca Juga

Rinciannya di Kabupaten Paser ada 5 titik api , Penajam Paser Utara 1 titik api , Kutai Barat 5 , KutaiTimur 2 hotspot , Kutai Kartanegara 8 hotspot , Berau 2 hotspot , Dan Mahakam Ulu 8 hotspot. Untuk 5 hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Paser tersebut tersebar di kecamatan empat, yakni Kecamatan Kuaro ada 1 titik, Kecamatan Batu Sopang 1 titik, Kecamatan Long Ikis 1 titik, dan Kecamatan Paser Belengkong 2 titik yang masing-masing memiliki tingkat kepercayaan 'menengah'.Erika melanjutkan, untuk 1 hotspot yang terdeteksi di Penajam Paser Utara, berada di Kecamatan Waru, yakni di Desa Api-Api dengan tingkat kepercayaan menengah.

Untuk titik panas di Desa Api-Api tersebut, menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara Nurlaila , kemarin juga terdeteksi dan langsung ditindaklanjuti ke lokasi oleh tim, kemudian diketahui api sudah padam, namun hari ini muncul lagi titik panas. Erika melanjutkan, untuk 5 titik panas yang terdeteksi di Kutai Barat tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Dilang Puti ada 2 hotspot, kemudian di Kecamatan Siluq Ngurai terdapat 3 titik yang semuanya dengan tingkat kepercayaan menengah.

'Untuk hotspot di Kutai Timur yang ditemukan 2 titik tersebar di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Muara Ancalong . Sama-sama dengan tingkat kepercayaan menengah," kata Erika.

Kutai Kartanegara yang ada 8 titik ini tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota Bangun ada 4 titik, Kecamatan Loa Janan 3 titik, dan Kecamatan Loa Kulu ada 1 titik yang masing-masing dengan tingkat kepercayaan menengah.Hotspot yang terpantau di Kabupaten Berau, berada di Kecamatan Talisayan yang juga dengan tingkat kepercayaan menengah, yakni di koordinat 118.1905 Bujur - 1.4020 Lintang dan 118.1595 Bujur - 1.4225 Lintang. 

"Sedangkan untuk 8 hotspot di Kabupaten Mahakam Ulu, semuanya berada di Kecamatan Long Apari. Sama halnya dengan di kabupaten lainnya, hotspot yang terpantau di Mahakam Ulu juga dengan tingkat kepercayaan menengah," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA