Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Rekat Indonesia Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Capres

Kamis 28 Oct 2021 18:37 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Rekat Indonesia dideklarasikan di sejumlah daerah Indonesia, Selasa (28/10).

Rekat Indonesia dideklarasikan di sejumlah daerah Indonesia, Selasa (28/10).

Foto: Dok Istimewa
Rekat Indonesia dideklarasikan di sejumlah daerah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang masih jauh, tetapi sejumlah nama mulai mencuat di permukaan.  

Sejumlah elemen masyarakat Indonesia membulatkan tekad mendorong Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk berkompetisi dalam Pilpres.

Baca Juga

Momentum peringatan Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021, dijadikan sebagai ajang deklarasi skala nasional guna mendukung Ridwan Kamil sebagai calon pemimpin muda potensial negeri ini. 

Inisiatif deklarasi dilakukan Rekat Indonesia, yang merupakan kelompok masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dan lapisan. 

Ketua Umum Rekat Indonesia, Eka Gumilar, mengatakan pihaknya telah berkirim undangan resmi kepada Koordinator Relawan Rekat seluruh Indonesia. Guna menyukseskan acara deklarasi dukungan pencapresan Ridwan Kamil. 

“Pada 28 Oktober, mari kita jadikan momentum lahirnya Rekat (rekonsiliasi masyarakat) di wilayah saudaraku sekalian, bersamaan dengan semangat Sumpah Pemuda, untuk mendorong Ridwan Kamil sebagai capres potensial Indonesia,” katanya didampingi Sekjen Rekat, Heikal Safar, dalam keterangannya, Kamis (28/10). 

Eka mengajak jadilah motor perekat anak bangsa yang menyerukan persatuan. Teriakan “Rekat” pada Indonesia bahwa kita hadir di provinsi yang saudara sekalian pimpin. 

“Kita mengawal semangat Sumpah Pemuda, serta menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.

Karena itu, lanjut dia, masyarakat mesti memilih dan mendorong tokoh pemersatu yang menjadi jalan tengah bagi negeri ini. Yang seolah sebelumnya terbelah, karena gelaran Pilpres lalu.  

“Kita mendukung sosok Ridwan Kamil calon pemimpin Indonesia yang bisa mempersatukan anak bangsa. Dapat merawat Kebhinekaan untuk maju menjadi Capres 2024. Ridwan Kamil sosok yang tidak ekstrem ke kanan atau kiri. Tapi bisa diterima semua kalangan,” paparnya. 

Dalam deklarasi Rekat Indonesia nanti, Eka mengimbau agar Koordinator Relawan Rekat memperhatikan hal berikut: berkoordinasi dengan aparat terkait, dan memberikan pemberitahuan tertulis. 

Kegiatan yang dilakukan outdoor dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 itu, berlangsung ecara tertib dan empati guna menjaga citra Rekat Indonesia. Serentak dilaksanakan, 28 Oktober 2021 pukul 10.00 pagi (atau menyesuaikan).  ‘’Sosialisasikan alasan logis mengapa Rekat Indonesia mendukung Ridwan Kamil,’’ tutur dia. 

Dia menjelaskan, di antara alasan itu adalah prestasi berjenjang yang ditorehkan Ridwan Kamil yaitu sukses sebagai Wali Kota Bandung, lalu memenangkan Pilgub Jabar 2018-2023, keturunan (cucu) kiai kharismatik asal Jawa Barat, mampu melewati krisis puncak pandemi Covid-19 dengan baik, salah satu dari 50 Pemimpin Terbaik Dunia versi majalah Fortune (setara dengan presiden negara-negara dunia).   

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA