Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Hari Ini, 73 Tahun Lalu, Israel Adopsi Bendera Bintang Daud

Kamis 28 Oct 2021 18:29 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Bendera Israel

Bendera Israel

Bendera dengan simbol Bintang Daud digunakan sebagai simbol gerakan Zionis

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Hari ini, 28 Oktober, 73 tahun lalu, Israel secara resmi mengadopsi bendera mereka. Bendera dengan dua garis biru dan Bintang Daud di tengahnya merupakan variasi dari bendera yang digunakan World Zionist Organization atau Organisasi Zionis Dunia sejak 1897.

Seperti dilaporkan laman Jerusalem Post, David Wolffsohn disebut menjadi tokoh yang pertama kali membuat desain bendera untuk Organisasi Zionis Dunia. Ide itu muncul selama pertemuan Zionis dengan Theodor Herzl di Basel. Herzl adalah tokoh utama gerakan Zionisme.

Bendera dengan simbol Bintang Daud digunakan sebagai simbol gerakan Zionis selama bertahun-tahun setelah pertemuan Basel. Bendera itu pun dipakai pasukan Inggris, yakni Jewish Brigade Group dan Union Jack selama Perang Dunia II.

Pada 14 Mei 1948, Israel mendeklarasikan kemerdekaan. Kala itu, muncul pertanyaan, apakah simbol gerakan Zionisme harus menjadi bendera resmi Israel. Keputusan tak dapat segera diambil. Tokoh-tokoh Israel harus berdiskusi selama enam bulan sebelum membuat keputusan.

Pada 28 Oktober 1948, Israel menerbitkan Lembaran Negara yang mengumumkan bahwa mereka mengadopsi bendera Zionis sebagai bendera resminya. Pemberitahuan tersebut menentukan bagaimana bendera akan terlihat dengan pengukuran yang tepat. Bendera tersebut seolah mengukuhkan keinginan Israel menjadi bangsa Yahudi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA