Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Damri Tutup 8 Rute Bus Kota Bandung, Ini Alasannya

Kamis 28 Oct 2021 16:49 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Supir berjalan di depan bus yang tidak beroperasi di pool (pangkalan) Bus Damri, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021).  Perum Damri menghentikan sementara operasional delapan dari 11 rute bus kota di wilayah Bandung Raya akibat mengalami kerugian dan kesulitan dalam kinerja keuangan perusahaan.

Supir berjalan di depan bus yang tidak beroperasi di pool (pangkalan) Bus Damri, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021). Perum Damri menghentikan sementara operasional delapan dari 11 rute bus kota di wilayah Bandung Raya akibat mengalami kerugian dan kesulitan dalam kinerja keuangan perusahaan.

Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Damri memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perum Damri mengungkapkan alasan ditutupnya operasional delapan rute bus kota di Bandung. Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Sidik Pramono mengatakan, pelayanan bus kota di Bandung merupakan segmen komersial dan nonsubsidi sehingga perusahaan harus memperhitungkan keekonomian dalam menjalankan setiap kegiatan operasionalnya.

Load factor yang kecil dan preferensi sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung dalam bermobilitas yang tidak menggunakan bus kota, menjadi dasar pertimbangan Damri untuk mengambil langkah tersebut,” kata Sidik kepada Republika.co.id, Kamis (28/10).

Baca Juga

Sidik mengatakan, kebijakan tersebut merupakan keputusan yang berat. Dia menuturkan, keputusan tersebut diambil untuk menekan kerugian dan menjaga keberlangsungan usaha perusahaan.

Meskipun begitu, Sisik memastikan Damri akan terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan. “Jika berdasarkan evaluasi tingkat keekonomiannya terpenuhi, kegiatan operasional bisa dijalankan kembali,” ujar Sidik.

Dia menegaskan, Damri telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu. Khususnya pada rute-rute yang operasionalnya dihentikan sementara.

Damri Cabang Bandung dipastikan tidak mengoperasikan sementara delapan rute bus kota terhitung sejak hari ini (28/10). Delapan rute tersebut yakni Cicaheum-Cibeureum, Ledeng-Leuwi Panjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur-Jatinangor, Kebon Kalapa-TJ Sari, Cicaheum-Leuwipanjang, dan Alun Alun Bandung-Ciburuy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA