Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Seharian Menatap Laptop? Jangan Lupa Konsumsi Makanan Ini

Jumat 29 Oct 2021 00:05 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata disarankan para ahli.

Mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata disarankan para ahli.

Foto: Piqsels
Mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata disarankan para ahli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir seharian menatap laptop untuk bekerja memang tidak baik bagi kesehatan mata. Selain mengurangi jam layar dan memberi waktu istirahat pada mata, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata juga disarankan para ahli.

Wortel mungkin sering disebut-sebut sebagai makanan yang baik bagi ata karena mengandung beta-karoten. Pasalnya, beta-karoten digunakan untuk memproduksi vitamin A yang bisa membantu mata melihat dengan baik dalam cahaya rendah. Namun, tak hanya wortel, beberapa makanan lain juga disarankan dikonsumsi karena baik bagi kesehatan mata.

Baca Juga

Ahli Diet Jenna Stangland, RD, mengatakan, dilansir dari wellandgood, Kamis (28/10), ada makanan alami yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk menjaga mata tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan Stangland untuk menjaga kesehatan mata.

1. Paprika

"Paprika berwarna cerah kaya akan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata," kata Stangland.

"Alasan mengapa vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata adalah karena vitamin A merupakan antioksidan yang menahan stres oksidatif dan mencegahnya merusak sel lebih lanjut, termasuk di mata," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa paprika mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi utama untuk kesehatan mata. 

"Yang unik dari lutein adalah satu-satunya karotenoid, yakni sejenis antioksidan, yang bermigrasi ke retina. Ini tabir surya untuk mata," kata Stangland.

Tetapi sesuatu yang penting untuk diketahui tentang makanan ini adalah bahwa vitamin A larut dalam lemak. Ini berarti harus memasangkan paprika dengan sumber lemak sehat yang baik.

 

2. Telur

Stangland mengatakan, yang menarik tentang lutein dan zeaxanthin adalah kedua nutrisi itu sering ditemukan bersama dalam makanan yang sama. Salah satu makanan tersebut adalah telur. 

"Lutein dan zeaxanthin secara khusus ditemukan di bagian kuning telur," katanya.

Nutrisi lain yang ditemukan pada kuning telur, termasuk magnesium, kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Jadi, ini menjadi alasan jangan mengabaikan kuning telur dan memakan putihnya saja.

 

3. Sayuran berdaun gelap

Stangland mengatakan, lutein dan zeaxanthin juga ditemukan di dalam sayuran hijau gelap, seperti kangkung dan bayam. 

"Semua sayuran berdaun gelap memiliki nutrisi ini, hal ini pula yang membuat ahli diet sering merekomendasikannya kepada orang-orang," kata Stangland.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA