Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Kamis 28 Oct 2021 10:57 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Manfaat rumput laut bagi kesehatan (ilustrasi).

Manfaat rumput laut bagi kesehatan (ilustrasi).

Foto: Antara/Akbar Tado
Rumput laut tidak hanya lezat tetapi juga dapat dipadukan dengan berbagai hidangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumput laut mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Makanan ini juga sangat populer di negara-negara Asia Timur. Namun, yang lebih terkenal adalah sayuran laut berdaun hijau alias rumput laut yang dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan.  

Dilansir di Times of India pada Kamis (28/10), rumput laut tidak hanya sangat lezat tetapi juga dapat dipadukan dengan berbagai hidangan termasuk sushi, sup, salad, dan banyak lagi. Rumput laut yang dapat dimakan bisa datang dalam berbagai bentuk seperti wakame, nori, umibudo, hijiki, kombu, rumput laut dan ogonori yang semuanya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.  

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makanan rumput laut yaitu :

1. Sumber nutrisi dan mineral yang kaya

Rumput laut merupakan sumber nutrisi dan mineral. Ini mengandung sejumlah kecil vitamin A, C, E dan K bersama dengan folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, sayuran seperti ganggang hijau ini juga dikemas dengan lemak omega 3 dan vitamin B12 yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini juga memegang senyawa tanaman yang signifikan termasuk flavonoid dan karotenoid yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas.

2. Sumber serat yang bagus

Serat adalah nutrisi penting yang membantu mencegah semua penyakit pencernaan. Bentuk spesifik gula yang ditemukan dalam rumput laut yang disebut polisakarida sulfat dikatakan dapat meningkatkan bakteri usus baik. 

Ini memastikan sistem pencernaan yang sehat dan juga mengurangi mengidam makanan secara signifikan. Sambil membuat Anda merasa kenyang dan meminimalisasi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi ini juga membantu mendukung tujuan penurunan berat badan Anda.

3. Meningkatkan fungsi tiroid

Rumput laut juga dikenal karena sumber yodiumnya yang kaya penting untuk fungsi tiroid yang sehat. Kelenjar tiroid terletak di depan leher dan membantu menghasilkan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh termasuk suhu tubuh, detak jantung dan banyak lagi.  Banyak yang bisa salah jika hormon tiroid tidak seimbang. 

Konon, mereka yang menderita hipotiroidisme, yang juga disebabkan oleh kekurangan yodium, dapat mengonsumsi rumput laut untuk meningkatkan fungsi tiroid mereka. Namun, harap dicatat bahwa orang yang menderita hipertiroidisme harus menghindari makan rumput laut dan harus berbicara dengan dokter Anda.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengingat bahwa rumput laut adalah sumber yang sehat dari banyak nutrisi dan mineral penting, ini membantu meningkatkan kinerja kesehatan secara keseluruhan. Ketika datang ke jantung Anda, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko mengembangkan komplikasi kardiovaskular termasuk kolesterol tinggi, hipertensi, gaya hidup, obesitas dan banyak lagi.  Konon, makan rumput laut dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dikatakan untuk mengurangi kadar kolesterol darah Anda. Selain itu, pembekuan yang terkait dengan penyakit jantung juga dapat dicegah karena karbohidrat yang disebut fucan dalam rumput laut.

5. Membantu mengatur kadar gula darah

Selain penyakit kardiovaskular, diabetes juga merupakan penyakit kronis. Itu terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh melebihi kisaran normal. 

Karena makanan kaya serat membantu mengatur kadar gula darah, rumput laut, yang merupakan sumber serat yang bagus dapat membantu mengelola risiko diabetes juga. Senyawa seperti fucoxanthin, alginat dalam rumput laut dapat membantu mengurangi kadar gula darah Anda, meminimalkan risiko diabetes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA