Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Trik Menikmati Olahraga Meski Sudah Berusia 50 Tahun

Rabu 27 Oct 2021 21:50 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Lansia olahraga (ilustrasi)

Lansia olahraga (ilustrasi)

Foto: creazilla.com
Lingkungan yang bersih adalah terapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang dewasa yang lebih tua menggunakan usia mereka sebagai alasan untuk berdiam diri. Mereka mengatakan pada diri mereka bahwa kebugaran tidak layak melewati usia tertentu. Ini adalah kesalahan besar.

Dilansir di laman Eat This Not That, penelitian yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology Series B menemukan orang lanjut usia (lansia) yang dianggap lemah masih dapat memperoleh manfaat fisik dan kognitif utama dari olahraga teratur. Ada sejumlah strategi dan trik rahasia yang dapat membantu Anda lebih menikmati olahraga, bahkan jika Anda berusia di atas 50 tahun. Berikut penjelasannya:

1. Mulailah perlahan dengan jalan kaki

Penelitian menarik yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Emotion menemukan bahwa berjalan-jalan santai dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan. Jika suatu hari Anda merasa sangat malas atau payah, jalan-jalanlah.

Anda mungkin baru menyadari setelahnya bahwa Anda merasa lebih berenergi dan bersedia melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Aspek lain yang menarik dari penelitian ini adalah peserta yang diperiksa hanya berjalan sebagai bagian dari rutinitas mereka yang biasa, bukan sebagai bentuk olahraga yang ketat. 

2. Multitasking di rumah

Sebuah survei baru-baru ini melaporkan dua pertiga orang Amerika lebih suka berolahraga dalam kenyamanan rumah mereka dibandingkan bepergian ke lokasi gym fisik. Selain itu, banyak penelitian memberi tahu Anda bahwa olahraga formal tidak selalu diperlukan. 

Satu studi melaporkan orang yang lebih tua dapat berolahraga dan meningkatkan kesehatan fisik dan emosional mereka hanya dengan menjaga rumah tetap rapi dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Membersihkan rumah sering kali menenangkan. Orang yang lebih tua dapat menikmati yang terbaik dari kedua dunia dengan berolahraga melalui rumah tangga.

"Membersihkan rumah membuat mereka tetap berdiri dan bergerak. Lingkungan yang bersih adalah terapi," kata Kathy D Wright, seorang sarjana KL2 postdoctoral di Frances Payne Bolton School of Nursing di Case Western Reserve University. 

Studi lain yang dirilis dalam Journal of American Geriatrics Society menyimpulkan bahwa wanita yang lebih tua dapat menambah usia hidup mereka dengan hanya melakukan pekerjaan rumah tangga selama 30 menit setiap hari.

3. Temukan teman olahraga yang berusia sama

Penelitian menunjukkan menemukan teman olahraga yang usianya dekat dengan Anda sangat membantu untuk bertahan dengan kebugaran dalam jangka panjang. Diterbitkan di Journal of Health Psychology, studi mengumpulkan lebih dari 600 orang dewasa yang lebih tua dan masing-masing ditugaskan untuk program latihan 24 pekan. Mereka yang ditempatkan dalam kelompok latihan dengan orang-orang dengan usia yang sama akhirnya menghadiri sekitar 10 kelas latihan lebih banyak daripada peserta lain.

"Semua ini bersama-sama menunjukkan kekuatan koneksi sosial," kata penulis utama studi dan profesor kinesiologi The University of British Columbia, Mark Beauchamp. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA