Rabu 27 Oct 2021 19:46 WIB

Korban Bencana Puting Beliung Sulsel Butuh Bantuan Tenda

Hingga kini, empat desa di Wajo, Sulawesi Selatan, terdampak puting beliung.

Hingga kini, empat desa di Wajo, Sulawesi Selatan, terdampak puting beliung.
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Hingga kini, empat desa di Wajo, Sulawesi Selatan, terdampak puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Andi Muslihin, mengatakan, korban bencana angin puting beliung membutuhkan bantuan pascabencana, Selasa (26/10). "Diperlukan saat ini bantuan tenda dan terpal untuk pengungsian. Terpal paling dibutuhkan pengungsi untuk bertahan," kata Andi saat dihubungi, Rabu (27/10).

Sejauh ini, bantuan disalurkan Pemerintah Provinsi yang tiba dan diterima, sebut dia, berupa 50 paket terpal, mi instan, air minum dan beras. Kendati demikian bantuan itu dinilai masih kurang, karena korban terdampak cukup banyak.

Baca Juga

Untuk penanganan pengungsi, kata Muslihin, sudah dilaksanakan, dengan mendirikan tenda serta dapur umum bagi warga serta bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Sedangkan dampak yang ditimbulkan angin puting beliung terjadi pada Selasa, 26 Oktober 2021 sekitar pukul 14.00 WITA, tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Maniangpajo dan Sabbangparu, dengan empat desa.

Empat desa terdampak tersebut yaitu, Desa Mattirowalie dan Desa Kalola di Kecamatan Maniangpajo serta pada Desa Ugi dan Desa Pallimae di Kecamatan Sabbangparu. "Iya, kemarin siang kejadiannya. Ada 191 unit rumah terdampak angin puting beliung itu," sebutnya.

Dari data, rumah rusak berat, sebanyak 26 unit, rusak sedang, 51 unit dan rusak ringan sebanyak 114 unit. Untuk mewaspadai kejadian susulan, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tetap siaga dan waspada usai angin puting beliung menghantam daerah setempat.

"Kami terus mengimbau masyarakat agar siap siaga, mengingat kondisi cuaca tidak menentu karena memasuki musim penghujan," kata Andi mengimbau.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, saat mendapatkan kabar bencana itu, langsung menginstruksikan BPBD Provinsi Sulsel untuk penyaluran bantuan ke Kabupaten Wajo. "Kami menerima informasi jika kemarin siang hujan deras mengakibatkan 191 unit rumah rusak di empat Desa pada Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo akibat bencana angin puting beliung," katanya.

"Alhamdulillah, Selasa malam tadi BPBD Provinsi mempersiapkan logistik dan akan dikirim malam ini menuju Kabupaten Wajo untuk warga terdampak yang rumahnya rusak," tambah Andi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement