Rabu 27 Oct 2021 14:26 WIB

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya Diklaim Masih Aman

Disdik Tasikmalaya akan menginisiasi pelaksanaan tes swab secara acak di sekolah.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bilal Ramadhan
Para siswa kelas V SDN 2 Pengadilan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, terlihat antusias melaksanakan PTM, Rabu (18/8). PTM di sekolah itu dilaksanakan sejak Senin (16/8).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Para siswa kelas V SDN 2 Pengadilan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, terlihat antusias melaksanakan PTM, Rabu (18/8). PTM di sekolah itu dilaksanakan sejak Senin (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pelasanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya masih terus berjalan. Hingga saat ini, belum ditemukan adanya klaster penularan Covid-19 di lingkungan sekolah di Kota Tasikmalaya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan atau melihat adanya pergerakan kasus Covid-19 dari sekolah atau munculnya klaster sekolah.

Kasus Covid-19 memang pernah ditemukan di lingkungan, di mana terdapat dua orang guru yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai melakukan tes swab antigen ketika hendak mengikuti seleksi PPPK. Namun, kasus itu tak sampai menyebar di lingkungan sekolah.

"Insya Allah PTM masih aman. Kasus terkonfirmasi juga dalam beberapa hari tak ada penambahan," kata Asep.

 

Lantaran belum adanya kasus Covid-19 secara masif lingkungan sekolah, Asep mengatakan, pengetesan di sekolah juga belum dilakukan. Baik untuk penelusuran maupun untuk sampling.

Namun, menurut dia, berdasarkan hasil rapat terkahir, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya disebut akan menginisiasi pelaksanaan tes swab secara acak di lingkungan sekolah. "Mudah-mudahan bisa segera terlaksana. Kita siap saja sebagai pelaksana," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Mohammad Dani mengatakan, hingga saat ini pelaksanaan PTM masih aman. Di sisi lain, kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya juga sudah melandai. "Jadi relatif aman, tidak ada permasalahan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement