Rabu 27 Oct 2021 13:32 WIB

Panel FDA Dukung Pemberian Vaksin untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Panelis FDA nilai manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya bagi anak 5-11 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Panel FDA mendukung pemberian vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dengan dosis rendah untuk anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto: EPA-EFE/DANIEL POCKETT
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Panel FDA mendukung pemberian vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dengan dosis rendah untuk anak usia lima hingga 11 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Panel penasihat Food and Drugs Administration (FDA) mendukung pemberian vaksin Covid-19 untuk anak berusia lima hingga 11 tahun. Keputusan badan pengawas obat-obatan dan makanan Amerika Serikat tersebut diambil dengan suara bulat, hanya satu yang abstain.

FDA meyakini bahwa manfaat vaksin dalam mencegah Covid-19 pada kelompok usia tersebut lebih besar daripada potensi risiko apa pun. Kekhawatiran tentang efek samping terkait jantung yang sangat jarang terjadi pada remaja dan dewasa muda yang menggunakan dosis vaksin yang jauh lebih tinggi juga dapat dikesampingkan.

Baca Juga

Anak-anak memang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena Covid-19 parah dibandingkan orang tua. Namun, pada akhirnya mayoritas panelis memutuskan bahwa penting untuk memberi orang tua pilihan untuk melindungi anak-anak mereka, terutama yang berisiko tinggi sakit atau yang tinggal di tempat-tempat di mana tindakan pencegahan lain, seperti masker, tidak wajib digunakan di sekolah.

"Ini adalah kelompok usia yang layak dan harus memiliki kesempatan yang sama untuk divaksinasi seperti setiap usia lainnya," kata anggota panel Dr Amanda Cohn dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, dilansir AP, Rabu (27/10).

FDA tidak terikat oleh rekomendasi panel dan diprediksi akan membuat keputusan sendiri dalam beberapa hari ke depan. Andaikan FDA menyetujuinya, masih ada langkah lain, yakni CDC pada pekan depan harus memutuskan apakah akan merekomendasikan suntikan vaksin Covid-19 dan anak kecil mana yang harus mendapatkannya.

Vaksin dosis penuh yang dibuat oleh Pfizer dan mitranya BioNTech sudah direkomendasikan untuk semua orang berusia 12 tahun ke atas. Sejalan dengan itu, dokter anak dan banyak orang tua juga menuntut perlindungan untuk anak-anak yang lebih kecil.

Varian delta yang lebih menular telah menyebabkan peningkatan yang mengkhawatirkan pada infeksi anak. Ini menyebabkan keluarga frustrasi dengan karantina sekolah dan melarang anak untuk menginap di rumah teman maupun ritual masa kanak-kanak lainnya untuk mencegah mereka terjangkit virus.

Pada kelompok usia lima hingga 11 tahun, ada lebih dari 8.300 kasus rawat inap yang dilaporkan. Sekitar sepertiga di antaranya membutuhkan perawatan intensif, dan kasus kematian hampir 100.

Sementara itu, negara-negara bagian sedang bersiap untuk meluncurkan vaksinasi Covid-19 yang akan datang dalam botol khusus berwarna oranye untuk menghindari kesalahan dosis. Dosis yang diberikan untuk anak kecil hanya sepertiga dari dosis yang diberikan kepada remaja dan orang dewasa.

Sejauh ini, lebih dari 25 ribu dokter anak dan penyedia perawatan primer lainnya telah mendaftar untuk menawarkan vaksinasi. Nantinya, vaksin Covid-19 untuk anak yang juga akan tersedia di apotek dan lokasi lain.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement