Rabu 27 Oct 2021 07:54 WIB

Selain Perubahan Emosi, Gejala Fisik Juga Jadi Tanda Stres

Apa saja gejala fisik yang akan terasa ketika orang dilanda stres?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Stres (ilustrasi). Ada sejumlah pertanda yang ditunjukkan tubuh saat orang mengalami stres.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Stres (ilustrasi). Ada sejumlah pertanda yang ditunjukkan tubuh saat orang mengalami stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal dari kehidupan sehari-hari yang dapat membuat orang menjadi stres. Terkadang, orang tak menyadari kondisi psikologisnya telah terganggu. Apa saja tanda orang sedang mengalami stres?

Dokter spesialis kejiwaan, dr A M Y Eva Suryani SpKJ, menjelaskan bahwa stres adalah respons tubuh terhadap tekanan. Stres merupakan respons fisik atau psikologis terhadap stresor internal maupun eksternal.

Baca Juga

"Stres berarti merasa bermasalah atau terancam oleh kehidupan, baik karena ancaman besar atau masalah kecil," ujar Eva dalam acara webinar tentang "Mengatasi Kegawatdaruratan di Rumah", dikutip Rabu (27/10).

Stres dapat berasal dari lingkungan rumah, tempat kerja, dan sekolah. Reaksi seseorang terhadap stres tidak selalu negatif, tergantung dari bagaimana mereka mengelola stres tersebut.

Ketika orang termotivasi untuk berusaha lebih keras dan lebih baik lagi, itu tandanya mereka menunjukkan reaksi positif terhadap stres. Sebaliknya, jika stres menimbulkan gangguan dalam kehidupan sehari-hari, artinya orang bereaksi negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement