Rabu 27 Oct 2021 07:39 WIB

3 Permintaan dalam Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Kala Pagi

Rasulullah SAW berdoa minta ilmu, rezeki, dan amal diterima

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW berdoa minta ilmu, rezeki, dan amal diterima. Ilustrasi berdoa
Foto: Republika/Wihdan
Rasulullah SAW berdoa minta ilmu, rezeki, dan amal diterima. Ilustrasi berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, —Terdapat sejumlah bacaan dzikir pagi yang dapat rutin untuk dibaca kaum Muslim. Salah satu bacaannya yakni memohon agar dapat diberikan ilmu, rezeki, dan diterimanya amalan seorang hamba. 

"Dzikir ini mengajarkan pada setiap Muslim untuk menentukan target yang hendak dicapainya setiap pagi. Sehingga hidupnya selalu terarah dan berada di atas rel yang benar," kata Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc, MA dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id. Berikut bacaan doanya yang dibaca satu kali:

Baca Juga

"اللَّهُمَّ ‌إِنِّي ‌أَسْأَلُكَ ‌عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا"

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutabbalan

 

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima". 

Dalil landasannya, Ummu Salamah RA bertutur, "Bahwasanya Rasulullah ﷺ rutin membaca doa di atas setiap selesai shalat Subuh." HR Ahmad dan dinilai hasan Ibn Hajar Al Asqalaniy. Beberapa target-target itu di antaranya:

Pertama, ilmu yang bermanfaat

Setiap hari seorang Muslim harus berupaya mendapatkan tambahan ilmu. Namun bukan sembarang ilmu. Yang dicarinya adalah ilmu yang bermanfaat, yakni ilmu yang benar dan yang diamalkan. Sehingga semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. 

Ilmu ini ada tiga macam yaitu pertama, ilmu tentang Allah, nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya, kedua Ilmu tentang jalan yang mendekatkan kepada Allah, yaitu syariat-Nya, ketiga, Ilmu tentang akhirat, surga dan neraka.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement