Sabtu 06 Nov 2021 13:31 WIB

3 Masjid Bersejarah yang Bertahan di Yaman

Sejumlah masjid di Yaman pernah memegang peran penting dalam penyebaran Islam.

Tiga Masjid Bersejarah yang Bertahan di Yaman
Foto: republika
Tiga Masjid Bersejarah yang Bertahan di Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Masjid Bersejarah yang Bertahan di Yaman

Yaman merupakan salah satu negara yang pernah menjadi pusat peradaban Islam. Rasulullah SAW secara khusus memiliki perhatian terhadap negara ini dengan mengutus sejumlah sahabat untuk berdakwah mengajarkan Islam kepada penduduk lokal, salah satunya ialah saat mengutus Mu'adz bin Jabal.

Salah satu bukti peninggalan kuatnya akar Islam dalam kehidupan masyarakat Yaman adalah masjid. Berikut ini sejumlah masjid di Yaman yang pernah memegang peran penting dalam penyebaran Islam:

>Al-Jami' al-Kabir

Lokasinya di Kota Sanaa lama ini fondasi awalnya dibangun sejak masa Rasulullah SAW. Masjid ini kemudian diperluas dan dibangun kembali oleh Khalifah Bani Umayyah, al-Walid bin Abd al-Malik, dan disempurnakan oleh para khalifah setelahnya. Konon, masjid ini berdiri di atas reruntuhan Istana Ghamdan Bangsa Saba'. 

>Masjid Baraqisy

Masjid yang berlokasi di Kawasan Baraqisy yang melegenda ini pernah mencatat sejarah sebagai pusat dakwah. Masjid ini didirikan oleh Imam Abdullah bin Hamzah yang datang berdakwah di kawasan ini pada 480 H.   

>Masjid ini adalah masjid kuno di kota bersejarah Zabid, Yaman. Terletak di dekat Pasar Zubaid. Masjid ini dibangun sahabat Nabi SAW, yaitu Abu Musa Al Asy'ari pada 8 Hijriyah atau 629 M dan sejak saat itu masjid adalah masjid pertama yang mencapai status spiritual dan historisnya di Yaman.

Sumber: Republika/berbagai sumber

Pengolah: Nashih Nashrullah/Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement