Senin 22 Nov 2021 04:03 WIB

3 Jalan Sufistik Menuju Allah SWT

Dalam tasawuf ada tiga metode untuk seorang Muslim bisa merasakan ketenteraman batin

Foto: republika
Tiga jalan sufistik menuju Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Jalan Sufistik Menuju Allah SWT

Setiap insan tidak hanya memerlukan kesehatan fisik, tetapi juga psikis atau spiritual. Sering kali, kondisi jiwa yang tertekan akan menjauhkan seseorang dari kebahagiaan walaupun ia memiliki tubuh yang bugar.

Sebaliknya, seorang yang mengidap sakit mungkin saja bertahan selama dirinya merasakan ketenteraman batin. Dalam dunia tasawuf, ada tiga metode untuk seorang Muslim bisa merasakan ketenteraman batin, yakni takhalli, tahalli, dan tajalli.Penjelasannya sebagai berikut: 

/Takhalli//

Yang pertama ini berarti membersihkan atau mengosongkan jiwa. Bila dihubungkan dengan pengibaratan di atas, noda-noda dalam bejana air harus dibuang terlebih dahulu. Kalau air itu sudah telanjur keruh sekali, buang seluruhnya. Isilah kembali bejana dengan air yang murni. QS asy- Syams: 7-9). Bila condong pada kefasikan, jiwanya telah mengandung banyak kotoran, semisal, terlampau cinta dunia //(hubbud dunya),// panjang angan-angan //(thulu alamal),// dan lain-lain.

//Tahalli//

Metode kedua ialah tahalli. Maksudnya, memperindah jiwa. Sering kali, manusia terlalu sibuk memperbaiki aspek-aspek fisik dari penampilannya. Ia pun melupakan perlunya memperbaiki jiwa. Bila diartikan secara empiris, tahalli semakna dengan bersolek di depan cermin.  

//Tajalli//

Konsep itu berarti menautkan hati dan pikiran kepada Allah SWT saja. Dalam pandangan (mata) batinnya, hanya Allah sumber dan tujuan segala-galanya. 

SUmber: Republika/berbagai sumber

Pengolah: Nashih Nashrullah/Hasanul Rizqa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement