Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

PLN Selesaikan Perbaikan Mesin PLTG di Babel

Selasa 26 Oct 2021 17:15 WIB

Red: Fuji Pratiwi

PLN. PLN berhasil menyelesaikan perbaikan mesin PLTG di Babel.

PLN. PLN berhasil menyelesaikan perbaikan mesin PLTG di Babel.

Foto: istimewa
PLN Babel sempat melakukan pemadaman listrik secara bergilir.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyelesaikan proses perbaikan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sehingga sistem kelistrikan di Pulau Bangka kembali normal.

"Proses perbaikan mesin PLTG yang sempat mengalami gangguan sekitar sebulan terakhir sudah rampung 100 persen, lebih cepat dari target awal yang diperkirakan selesai 28 Oktober 2021," kata General Manajer PLN UIW Babel Amris Adnan di Pangkalpinang, Senin (25/10).

Permasalahan kerusakan mesin tersebut diatasi dengan mendatangkan komponen mesin dari Riau dan dilakukan dengan cepat oleh para petugas PLN Babel. Hal itu agar bisa memberikan pelayanan prima kepada seluruh konsumen di Pulau Bangka.

"Dalam proses pemulihan gangguan ini kami juga mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang patut mendapatkan apresiasi, sehingga petugas menjadi lebih semangat dalam proses pemulihan gangguan," kata Amris.

Selain itu, proses perbaikan juga mendapatkan dukungan penuh dari tim yang terlibat antara lain Bright PLN Batam, General Electric, dan IMECO. Selama proses pemulihan tersebut, PLN Babel terpaksa melakukan manajemen beban atau pemadaman listrik secara bergilir pada saat beban puncak. Selama proses tersebut, PLN mendapatkan dukungan dari Asosiasi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) yang bersedia mengalihkan suplai listrik dari PLN ke genset.

"Ini merupakan salah satu dukungan APTIN sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sehingga dampak pemadaman bisa diminimalkan," kata Amris.

Selama proses pemulihan gangguan, PLN mengupayakan percepatan pemulihan dengan mendatangkan komponen mesin PLTG dari Riau, mendatangkan tenaga ahli dari General Electric, dan melakukan pekerjaan pemulihan nonstop 24 jam. Dengan demikian, apabila masih terjadi padam di rumah pelanggan maka kemungkinan hal tersebut disebabkan adanya gangguan teknis yang tidak direncanakan dan tidak berkaitan dengan gangguan mesin PLTG yang sebelumnya terjadi.

Informasi lebih lanjut terkait layanan PLN dapat diperoleh melalui Aplikasi PLN Mobile (unduh melalui Playstore dan Appstore), Call Center PLN 123, Website www.pln.co.id, Facebook PLN 123, Twitter @PLN123, Instagram @pln123_official, dan Email PLN123@pln.co.id.

 

Baca Juga

 

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA