Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Kirab Maulid Turut Dukung Pariwisata Maros

Selasa 26 Oct 2021 14:00 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Perayaan Maulid Nabi (ilustrasi). Pemangku adat menyebut, kirab Maulid akan membantu sektor pariwisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Perayaan Maulid Nabi (ilustrasi). Pemangku adat menyebut, kirab Maulid akan membantu sektor pariwisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kirab Maulid akan digelar berbarengan dengan hari Sumpah Pemuda.

REPUBLIKA.CO.ID, MAROS -- Kirab Maulid sabagai salah satu cara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW di kalangan Kekaraengan (Kerajaan) Marusu' turut mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Kirab Maulid ini selain melibatkan unsur Kekaraengan Marusu' juga masyarakat setempat, sehingga semuanya dapat berbaur dalam suka cita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Pemangku Adat Kekaraengan Marusu' Abd Waris Kr Sioja di Kabupaten Maros, Sulsel, Senin (25/10).

Baca Juga

Dia mengatakan, saat peringatan Maulid umumnya warga akan membuat menu khas dengan hiasan telur warna-warni akan memberikan kesan ceria. Dengan kirab atau pawai berkeliling kampung itu yang dijadwalkan pada 28 Oktober 2021, lanjut dia, diharapkan juga dapat mendukung sektor pariwisata di "Butta Salewangang" ini.

Momen itu juga dinilai akan menjadi pemberi semangat pada generasi muda, karena bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Maros Ferdiansyah mengatakan, semua kegiatan budaya dan keagamaan akan mendukung sektor pariwisata, khususnya wisata religi. "Upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata pada masa adaptasi normal baru ini, kami bukan hanya mempromosikan wisata alam, tetapi juga wisata budaya dan religi," kata Ferdiansyah.

Karena itu, kegiatan Kirab Maulid ini diharapkan menyedot perhatian pengujung asal Kabupaten Maros, maupun dari luar daerah yang ingin menikmati wisata religi tersebut.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA