Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Selasa 26 Oct 2021 08:56 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bahasa pemrograman sendiri telah menjadi penghubung bagi manusia dan mesin untuk berinteraksi. Oleh karena itu, untuk kamu yang akan bekerja di bidang IT seenggaknya bisa mempelajari salah satu dari berbagai jenis bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman sendiri telah menjadi penghubung bagi manusia dan mesin untuk berinteraksi. Oleh karena itu, untuk kamu yang akan bekerja di bidang IT seenggaknya bisa mempelajari salah satu dari berbagai jenis bahasa pemrograman.

Foto: UBSI
Bahasa pemprograman berisi instruksi baris kode agar bisa dimengerti oleh komputer

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring dengan perkembangan teknologi yang melesat dengan cepat, dibarengi dengan berkembangnya  bahasa pemrograman, untuk membuat produk teknologi tersebut. Saat ini, banyak sekali jenis Bahasa Pemrograman yang sedang populer saat ini. Terutama untuk kamu yang berencana atau sedang bekerja sebagai orang IT di perusahaan.

Bahasa pemrograman sendiri berisi kata-kata berupa instruksi yang terdiri dari banyak baris kode agar bisa dimengerti oleh komputer. Saat ini, orang menganggap, jika seseorang menguasai bahasa pemrograman maka itu bisa menjadi sebuah skill yang bisa memberikan fleksibilitas terhadap karier.

Sebab, bahasa pemrograman sendiri telah menjadi penghubung bagi manusia dan mesin untuk berinteraksi. Oleh karena itu, untuk kamu yang akan bekerja di bidang IT seenggaknya bisa mempelajari salah satu dari berbagai jenis bahasa pemrograman. 

Tanpa harus bercita-cita jadi programmer, berikut sepuluh bahasa pemrograman yang perlu kamu pahami:

1. Java

Melansir laman Computer, Java adalah bahasa pemrograman yang dapat kita jalankan melalui berbagai jenis platform, mulai dari komputer PC hingga smartphone.

James Gosling, menciptakan bahasa pemrograman ini ketika ia masih bekerja dengan Sun Microsystems. Inspirasi nama Java sendiri diraih Gosling saat ia sedang menyesap kopi murni yang digiling langsung dari pulau Jawa, Indonesia.

Kini, Java telah menjadi bahasa pemrograman paling populer dan telah banyak programmer gunakan pada lebih dari 15 miliar perangkat di seluruh dunia. Tidak hanya itu, banyak aplikasi berbasis Android juga menggunakan bahasa pemrograman Java. Bahkan 90% dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 untuk pengembangan sistem backend serta aplikasi desktop menggunakan Java.

2. C++

Jenis bahasa pemrograman berikutnya adalah yang perlu dipahami adalah C++. C++ merupakan sebuah pembaruan dari bahasa pemrograman C yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia.

Jika kita bandingkan dengan C, perbedaan paling mencolok dari C++ terletak pada caranya menyelesaikan sebuah masalah. Menurut Hackr, pada bahasa pemrograman C, masalah selesai dengan melakukan tahap prosedural, kode akan terbagi menjadi sub-sub masalah yang lebih kecil.

Sementara untuk penyelesaian masalah pada C++ lebih terpusat kepada obyek. Sehingga setiap isu yang ada akan terbagi ke dalam beberapa class.

Karena kemampuan mutakhirnya tersebut, bahasa pemrograman yang Bjarne Stroustrup kembangkan ini, cukup mempengaruhi perusahaan-perusahaan besar seperti Adobe dan Mozilla Firefox untuk menggunakannya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA