Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

10 Makanan Ini Bantu Proses Penuaan Lebih Sehat

Selasa 26 Oct 2021 00:05 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Menjadi tua adalah pasti, namun bisa dalam kondisi sehat atau tidak.

Menjadi tua adalah pasti, namun bisa dalam kondisi sehat atau tidak.

Foto: Piqsels
Menjadi tua adalah pasti, namun bisa dalam kondisi sehat atau tidak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi tua adalah sebuah keniscayaan. Pilihannya adalah menua dengan sehat atau sebaliknya. Dan itu semua sangat bergantung pada pola makan Anda saat ini. 

Para ahli sepakat bahwa tubuh mengandalkan makanan kaya nutrisi untuk mendukung proses penuaan yang sehat. Beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti dengan memiliki kulit yang sehat.

Baca Juga

Nah, lalu apa saja makanan kaya nutrisi bisa membantu mendukung penuaan sehat? Berikut 10 makanan yang direkomendasikan para ahli seperti dilansir dari Healthline, Senin (25/10).

1. Minyak zaitun extra virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu minyak paling sehat yang kaya akan lemak sehat dan antioksidan, sehingga membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dibuat sebagai produk sampingan dari fungsi sel normal. Jadi, teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi sebagai akibat dari faktor eksternal seperti polusi atau sinar matahari.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 terkait dengan penghalang kulit yang kuat dan dapat membantu mengurangi peradangan yang merusak kulit. Ikan berlemak, seperti salmon, kaya akan omega-3, protein, selenium, dan astaxanthin, yang semuanya terkait dengan kulit yang lebih sehat.

4. Coklat hitam atau kakao

Coklat hitam kaya akan polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, mengandung flavanol, yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kakao dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperlambat penuaan kulit.

5. Sayuran

Sebagian besar sayuran sangat kaya nutrisi dan rendah kalori. Banyak sayuran juga tinggi karotenoid, seperti beta karoten dan likopen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari, yang merupakan penyebab utama penuaan kulit dini. Sumber beta karoten terbaik meliputi wortel, labu dan ubi jalar.

Banyak sayuran juga kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah bahan pembangun utama kulit, tetapi produksinya mulai menurun setelah usia 25 tahun. Sayuran dengan kandungan vitamin C tertinggi termasuk sayuran hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA