Senin 25 Oct 2021 20:48 WIB

Lahan Sawit di Suaka Margasatwa Riau Dimusnahkan

Penanaman sawit di kawasan suaka margasatwa dilarang sehingga langsung dimusnahkan.

Petugas pengamanan hutan memotong pohon kelapa sawit yang berada di dalam Hutan Lindung (HL)
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas
Petugas pengamanan hutan memotong pohon kelapa sawit yang berada di dalam Hutan Lindung (HL)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Tim Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II melakukan pemusnahan 2 hektare lahan sawit yang ditemukan di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

"Lahan sawit itu ditemukan dari kegiatan patroli yang dilakukan selama dua hari yakni Kamis (21/10) sampai Jumat (22/10)," kata Plt Kepala BKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasar.

Dia mengatakan penanaman sawit di kawasan tersebut dilarang, sehingga tim di lapangan langsung melakukan pemusnahan. Pemusnahan dilakukan dengan cara memotong pohon sawit dengan menggunakan mesin chainsaw.

Kemudian, setelah proses pemusnahan, tim di lapangan juga langsung melakukan pemasangan spanduk imbauan. "Isi imbauan pada spanduk itu, dilarang mengolah lahan, memotong pohon, membangun pondok dan berburu di kawasan Suaka margasatwa ini, " kata Fifin.

Pada spanduk itu juga disebutkan bahwa jika dilakukan penanaman sawit di suaka margasatwa maka pelaku dapat diancam hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 5 milliar.

"Setelah pemasangan spanduk tersebut, kami berharap masyarakat tidak melakukan penanaman di kawasan suaka margasatwa lagi," kata Fifin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement