Senin 25 Oct 2021 20:51 WIB

Tuchel: Mendy Tak Perlu Risau Soal Kandidat Ballon d'Or

Datang pada awal musim lalu ke Chelsea, Mendy langsung menunjukan performa apik.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel meniup peluit saat sesi latihan menjelang pertandingan final Liga Champions di stadion Dragao di Porto, Portugal, Jumat, 28 Mei 2021. Chelsea dan Manchester City akan memainkan final Liga Champions pada Sabtu.
Foto: AP / Manu Fernandez
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel meniup peluit saat sesi latihan menjelang pertandingan final Liga Champions di stadion Dragao di Porto, Portugal, Jumat, 28 Mei 2021. Chelsea dan Manchester City akan memainkan final Liga Champions pada Sabtu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejumlah pihak menyesalkan absennya nama Edouard Mendy dalam daftar 30 pemain kandidat peraih Ballon d'Or 2021.

Padahal, keberhasilan The Blues merengkuh titel Liga Champions musim lalu tidak terlepas dari performa impresif penjaga gawang timnas Senegal tersebut.

Datang sebagai rekrutan teranyar Chelsea pada awal musim lalu, Mendy langsung menunjukan performa apik. Eks penjaga gawang Rennes itu mencatatkan 25 clean sheet dari 45 penampilan di semua ajang pada musim lalu.

Secara khusus, Mendy tercatat sembilan kali menjaga gawangnya tidak kebobolan dari 12 laga di pentas Liga Champions musim lalu.

Kiper berusia 29 tahun itu menjadi kiper pertama yang mencatatkan sembilan clean sheet pada musim debutnya tampil di Liga Champions.

Mendy pun menyamai rekor catatan clean sheet terbanyak dalam satu musim Liga Champions, bersanding dengan torehan Santiago Canizares bersama Valencia pada musim 2000/2001 dan Keylor Navas kala memperkuat Real madrid pada musim 2015/2016.

Tidak berhenti sampai disitu, Mendy juga menjadi penjaga gawang asal Afrika pertama yang berhasil menjuarai Liga Champions. Kendati menorehkan sejumlah rekor pada musim lalu, nama Mendy tidak masuk dalam daftar peraih Ballon d'Or 2021.

Satu-satunya penjaga gawang yang berada dalam daftar itu adalah kiper PSG sekaligus kiper timnas Italia di Euro 2020, Gianluigi Donnarumma. Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, ternyata tidak mau ambil pusing dengan polemik ini.

Penampilan apik Mendy di bawah mistar gawang, tutur Tuchel, jauh lebih penting daripada masuknya nama penjaga gawang andalannya itu di daftar kandidat Ballon d'Or 2021.

''Hal terpenting adalah dia bisa menjaga penampilannya seperti saat ini, ketimbang masuk dalam daftar tersebut,'' kata Tuchel seperti dilansir Tribal Football, Senin (25/10).

Pelatih asal Jerman itu juga berharap, sikap serupa diambil oleh Mendy. Kiper yang direkrut dengan banderol transfer dikabarkan mencapai 22 juta poundsterling itu diharapkan tidak terganggu dengan ketiadaan namanya dalam daftar kandidat peraih penghargaan pesepakbola terbaik sejagat versi France Football 2021 tersebut.

''Dia tidak perlu risau ataupun terganggu dan saya harapkan seperti itu. Saya tidak terganggu dengan hal itu dan sepertinya dia juga tidak terpengaruh dengan absennya nama dia di daftar tersebut,'' ujar mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

Menilik performa di tiga laga terakhir bersama Chelsea, Mendy memang sepertinya tidak terganggu dengan tidak disertakan namanya dalam daftar kandidat Ballon d'Or 2021.

Di laga kontra Brentford, dua pekan lalu, Mendy tampil apik dengan melakukan enam penyelamatan.

Penampilan dominan di bawah mistar gawang The Blues juga ditunjukan Mendy kala mengantarkan The Blues membungkam Malmo, 4-0, tengah pekan lalu.

Begitu pula saat menjaga gawang klub asal London Barat itu tetap perawan saat mencukur Norwich City, 7-0, akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement