Senin 25 Oct 2021 19:15 WIB

Klopp: Ronaldo Seharusnya Mendapatkan Kartu Merah

Insiden itu terjadi saat babak pertama memasuki masa injury time

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Manajer Liverpool Juergen Klopp bereaksi setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur yang diadakan di Stadion Tottenham Hotspur di London utara, Inggris, 11 Januari 2020.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL EDITORIAL USE ONLY.
Manajer Liverpool Juergen Klopp bereaksi setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur yang diadakan di Stadion Tottenham Hotspur di London utara, Inggris, 11 Januari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Aksi Cristiano Ronaldo menendang Curtis Jones menjadi salah satu sorotan utama kala Liverpool mempermalukan Manchester United, 5-0, di Stadion Old Trafford, Ahad (24/10) malam WIB.

Insiden itu terjadi saat babak pertama memasuki masa injury time, tepatnya pada menit ke-48. Pada saat itu, Ronaldo terlibat duel perebutan bola dengan Jones di sebelah kanan pertahanan Liverpool.

Jones, yang masuk menggantikan James Milner, pada pertengahan babak pertama terlihat terjatuh dengan bola berada di bagian perutnya. Ronaldo, yang berada dalam posisi berdiri, masih berusaha merebut bola dengan menendang ke arah perut winger muda milik The Reds tersebut.

Insiden ini kemudian menyulut reaksi dari rekan-rekan setim Jones. Andrew Robertson langsung berteriak ke arah Ronaldo sambil menunjuk-nunjuk pengoleksi lima gelar Ballon d'Or tersebut.

Tidak ketinggalan, Virgil Van Dijk langsung mendorong Ronaldo dengan menggunakan dadanya. Aksi Van Dijk itu langsung dibalas gelandang serang United, Bruno Fernandes.

Seolah tidak diterima dengan perlakukan Van Dijk terhadap Ronaldo, Fernandes langsung mendorong Van Dijk. Keributan kecil antara para penggawa kedua tim sempat terjadi menyusul insiden tersebut.

Para penggawa Liverpool menuntut wasit untuk mengusir dan memberikan kartu merah buat mantan bintang Real Madrid dan Juventus tersebut. Namun, wasit Anthony Taylor bergeming terhadap tuntutan para penggawa The Reds tersebut.

Taylor akhirnya hanya menganjar pemain berusia 36 tahun itu dengan kartu kuning. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pun angkat bicara terkait insiden Ronaldo dengan Jones tersebut.

Pada saat pertama kali melihat insiden tersebut, Klopp mengakui, seharusnya Ronaldo mendapatkan kartu merah. Namun, begitu mendapatkan penjelasan dari perangkat pertandingan, pelatih asal Jerman itu akhirnya menerima keputusan Taylor.

''Tentu saja, saya melihatnya (insiden tersebut). Buat saya, pelanggaran itu seharusnya mendapatkan kartu merah. Namun, saya diberitahu, dia tidak mendapatkan kartu merah, karena tengah tengah berusaha melakukan kontak dengan bola.”

“Saya tidak mau Cristiano Ronaldo mendapatkan kartu merah. Saya diyakinkan, atau setidaknya ada yang memberi tahu, hal itu baik-baik saja,'' kata Klopp seperti dikutip Manchester Evening News, Senin (25/10).

Aksi Ronaldo dengan menendang dan terus berupaya merebut bola dari Jones ini rasanya tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kondisi yang tengah dialami United pada saat itu.

Aksi itu dianggap sebagai bentuk frustasi Ronaldo lantaran saat itu Setan Merah telah tertinggal tiga gol dari Liverpool. Bahkan, hanya berselang beberapa menit pasca insiden tersebut, The Reds berhasil menebalkan keunggulan via gol tambahan dari Mohamed Salah.

United pun menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal empat gol. Setan Merah akhirnya menutup laga dengan kekalahan, 0-5, dari salah satu rival tersengitnya di pentas sepak bola Inggris. Ini menjadi kekalahan terburuk United saat menjamu Liverpool di partai kandang sejak 1925.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement