Senin 25 Oct 2021 16:28 WIB

Jokowi Dorong Percepatan Vaksinasi di ASEAN

Jokowi mengatakan target 70 persen penduduk ASEAN sudah divaksin harus segera dicapai

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: ANTARA/Biro Pers dan Media Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong percepatan vaksinasi dilakukan di semua negara di kawasan ASEAN. Jokowi menegaskan, target vaksinasi penduduk ASEAN yang sebanyak 70 persen harus segera dicapai secepatnya.

"Agenda jangka pendek untuk mempercepat dan meratakan vaksinasi di semua negara di kawasan harus kita lakukan bersama," ujar Jokowi dalam pidatonya di ASEAN Business and Investment Summit, Senin (25/10).

Baca Juga

Jokowi pun menekankan, penanganan kesehatan harus tetap menjadi prioritas utama semua negara. Pemerintah dan pelaku bisnis di kawasan harus bersinergi untuk melakukan aksi bersama.

"Sedangkan ASEAN dalam jangka menengah perlu membangun protokol krisis kesehatan agar kawasan ASEAN lebih tahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan," katanya.

Dalam seminggu terakhir ini, kasus Covid-19 di kawasan ASEAN telah turun hingga 14 persen. Angka penurunan ini jauh lebih baik dibanding rata-rata dunia yang turun 1 persen. Menurut dia, situasi perbaikan kasus saat ini akan meningkatkan kepercayaan internal dan external ASEAN untuk beraktivitas kembali dan mempercepat pemulihan ekonomi.

"Tetapi, tetap menjaga kewaspadaan mengingat adanya peningkatan kasus di beberapa negara," kata Jokowi.

Jokowi berharap, ujian pandemi ini dapat dimanfaatkan oleh ASEAN untuk melakukan perbaikan diri secara fundamental di tingkat kawasan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement