Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Bahaya Lansia 65 Tahun Minum Jus di Restoran

Senin 25 Oct 2021 16:16 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Jus di restoran bisa menyebabkan penyakit serius bagi lansia 65 tahun.

Jus di restoran bisa menyebabkan penyakit serius bagi lansia 65 tahun.

Foto: www.freepik.com
Jus di restoran bisa menyebabkan penyakit serius bagi lansia 65 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan orang yang berusia di atas 65 tahun tidak memesan jus di restoran. FDA menyebutkan, memesan jus di restoran bisa menyebabkan risiko penyakit serius bagi lansia.

FDA menjelaskan, jus segar dapat terkontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. Pasalnya, buah tidak mengalami pasteurisasi yang diperlakukan untuk membunuh patogen ini.

Baca Juga

“Sistem kekebalan kebanyakan orang biasanya dapat melawan efek penyakit bawaan makanan, seperti anak-anak, orang dewasa, wanita hamil. Namun, orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti pasien transplantasi dan individu dengan HIV/AIDS, kanker, atau diabetes, hingga lansia 65 tahun, berisiko terkena penyakit serius, atau bahkan kematian akibat meminum jus yang tidak diolah," tulis FDA dilansir Best Life, Senin (25/10).

FDA mencatat, sebagian besar jus yang dijual di AS telah dipasteurisasi atau diolah untuk membunuh bakteri berbahaya. Banyak perusahaan akan menunjukkan produk mereka telah dipasteurisasi pada kemasannya.

Namun, toko dan lokasi lain yang memproduksi jus sendiri tidak secara rutin mempasteurisasi atau mengolah jus mereka. FDA mengatakan bahwa produk yang tidak diolah ini harus disimpan dalam lemari pendingin dan harus mencantumkan peringatan pada labelnya, yakni “PERINGATAN: Produk ini belum dipasteurisasi dan oleh karena itu mungkin mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit serius pada anak-anak, orang tua, dan orang-orang yang lemah sistem kekebalan tubuhnya”.

Meskipun meminum jus yang tidak dipasteurisasi menimbulkan risiko penyakit bawaan makanan, tetapi dapat mengurangi risiko sakit dengan beberapa langkah sederhana. FDA merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik sebelum menyiapkan jus, mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh hanya dengan air mengalir.

Kemudian, menggosok buah dan sayuran yang keras dengan sikat produk bersih sebelum memotong atau mengupasnya, buang bagian buah atau sayuran yang tampak memar atau rusak. Selanjutnya, keringkan produk secara menyeluruh dengan kain bersih atau handuk kertas sebelum membuat jus. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA