Senin 25 Oct 2021 15:48 WIB

Partai Berkuasa Jepang Telan Kekalahan tak Terduga

LDP kalah dalam pemilihan anggota parlemen yang mewakili prefektur Shizuoka

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menerima pukulan tak terduga satu pekan sebelum partainya yang berkuasa, Liberal Democratic Party (LDP), menjalani pemungutan suara nasional.
Foto: AP/Eugene Hoshiko/Pool AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menerima pukulan tak terduga satu pekan sebelum partainya yang berkuasa, Liberal Democratic Party (LDP), menjalani pemungutan suara nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menerima pukulan tak terduga satu pekan sebelum partainya yang berkuasa, Liberal Democratic Party (LDP), menjalani pemungutan suara nasional. LDP kalah dalam salah satu dari dua pemilihan kursi parlemen akhir pekan lalu.

LDP kalah dalam pemilihan anggota parlemen yang mewakili Prefektur Shizuoka yang dimenangkan kandidat independen yang didukung oposisi. Kekalahan ini terjadi saat popularitas Kishida jatuh.

Baca Juga

Hasil pemilihan ini dapat menjadi bahan prediksi berapa lama perdana menteri menduduki jabatannya. Selama kampanye, ia menjanjikan 'kapitalisme baru' yang akan meratakan hasil pertumbuhan ekonomi.

Ia juga berjanji menghilangkan sejumlah kebijakan 'Abenomics' yang diprakarsai mantan atasannya, Shinzo Abe. Namun sejauh ini ia gagal memenuhi harapan pemilih sejak ia menggantikan Yoshihide Suga bulan ini.

"Hasil di Shizuoka mengecewakan," kata Kishida pada wartawan, Senin (25/10) pagi waktu setempat beberapa jam setelah hasil pemilihan diumumkan.

Ia berencana 'menerima dengan sungguh-sungguh' keputusan dan analisa alasan kekalahan tersebut. LDP memenangkan pemilihan kursi majelis tinggi dari prefektur Yamaguchi yang memang basis pemilih konservatif.

Dua pemilihan khusus itu adalah pemilihan nasional pertama sejak Kishida menjabat perdana menteri. Hasilnya menjadi indikator bagaimana LDP akan maju dalam pemilihan majelis rendah akhir pekan mendatang. Di Shizuoka, kandidat independen Shinnosuke Yamazaki menang dengan selisih 50 ribu suara dari kandidat LDP.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement