Ahad 24 Oct 2021 21:51 WIB

Stasiun Meteorologi Deteksi 66 Hotspot di Kaltim

Kabupaten Kutai Barat merupakan kawasan yang terpantau paling banyak hotspot

Titik panas (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
Titik panas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, mendeteksi adanya 66 titik panas (hotspot) yang tersebar pada 7 kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ketujuh kabupaten tersebut adalah Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, dan Berau," ujar Kepala Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan," kataErika Mardiyanti di Balikpapan, Ahad (24/10).

Baca Juga

Rinciannya adalah di Kabupaten Paser ada 8 hotspot, Penajam Paser Utara ada 2 hotspot, Kutai Barat merupakan kawasan yang hari ini terpantau paling banyak dengan 40 hotspot. Kemudian di Kabupaten Mahakam Ulu, kawasan yang berbatasan dengan Malaysia bagian timur ditemukan 6 hotspot, Kutai Timur dengan 5 hotspot, Kutai Kartanegara dengan 4 hotspot, dan Kabupaten Berau dengan 1 hotspot.

Untuk 8 hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Pasersebanyak 6 hotspot berada di Kecamatan Batu Sopang dan 2 hotspot berada di Kecamatan Muara Komam. Masing-masing memiliki kode 8 dengan tingkat kepercayaan 'menengah'. Erika melanjutkan, untuk 2 hotspot yang terdeteksi di Penajam Paser Utara, keduanya berada di Kecamatan Penajam dengan tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Barat yang terdeteksi 40 hotspot tersebut tersebar pada 7 kecamatan, yakni di Kecamatan Damai terdeteksi 10 hotspot, di Kecamatan Jempang ada 3 hotspot, dan di Kecamatan Linggang Bigung ada 2 hotspot. Berikutnya di Kecamatan Long Iram terdapat 1 hotspot, Kecamatan Muara Lawa terdeteksi 8 hotspot, Kecamatan Nyuatan terdeteksi 7 hotspot, dan di Kecamatan Siluq Ngurai terdeteksi 9 hotspot yang semuanya dengan tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar pada tiga kecamatan, yakni 1 hotspot di Kembang Janggut, 1 di Samboja, dan 2 di Kecamatan Loa Janan dengan tingkat kepercayaan menengah. Untuk hotspot di Kutai Timur tersebar pada tiga kecamatan, yakni 2 di Kecamatan Telen, 2 di Sangkulirang, dan 1 hotspot di Kecamatan Sandaran dengan tingkat kepercayaan menengah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement