Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi di Sekitar Mata

Ahad 24 Oct 2021 19:48 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Tanda-tanda kolesterol tinggi di sekitar mata (ilustrasi).

Tanda-tanda kolesterol tinggi di sekitar mata (ilustrasi).

Foto: Pxfuel
Kolesterol tinggi terkadang dijuluki pembunuh diam-diam karena kurangnya gejala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jutaan orang Inggris memiliki kadar kolesterol tinggi. Utamanya, disebabkan oleh diet berlemak dan tidak cukup olahraga.

Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan yang berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, atau strok. Tapi apakah Anda tahu gejala kolesterol di mata Anda yang harus diwaspadai?

Dilansir di laman Express, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk berfungsi, namun kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol jahat dalam aliran darah.

Kolesterol jahat menyebabkan timbunan lemak dalam darah Anda, yang menyebabkan penumpukan lemak di arteri sehingga membuat jantung Anda lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kolesterol tinggi kadang-kadang dijuluki pembunuh diam-diam karena kurangnya gejala. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan kolesterol Anda secara teratur.

Beberapa gejala yang terlihat dari peningkatan kolesterol Anda adalah perubahan pada mata dan kulit di sekitarnya. Jika Anda melihat salah satu dari kondisi ini di dalam dan di sekitar mata Anda, jangan abaikan. Pastikan Anda menemui dokter atau mengatur pemeriksaan kolesterol di apotek setempat:

1. Benjolan di dekat mata

Kondisi mata yang paling umum terkait dengan kolesterol tinggi yaitu tampak seperti tanda kulit kecil di dekat mata Anda. Benjolan kecil ini bisa tampak berwarna kuning atau hanya berupa area kulit yang menonjol. Benjolan ini sebenarnya disebut xanthelasma. Mereka disebabkan oleh kadar kolesterol yang sangat tinggi yang menciptakan timbunan lemak kecil di kulit.

2. Mata berubah warna

Kolesterol tinggi dapat berarti Anda mengembangkan kondisi yang disebut arcus senilis. Arcus senilis berarti Anda mengembangkan "cincin" berwarna biru, abu-abu, atau putih di sekitar iris Anda. Ini bisa menjadi tanda kolesterol tinggi mempengaruhi kornea Anda. Arcus senilis tidak selalu merupakan tanda kolesterol tinggi, tetapi ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis jika Anda melihat perubahan warna di sekitar pupil.

3. Oklusi vena retina

Retina  adalah bagian belakang mata Anda yang mengubah cahaya menjadi sinyal listrik, dan kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke otak sehingga Anda dapat melihat gambar. Retina membutuhkan aliran darah yang sehat agar berfungsi dengan baik, dipasok oleh vena retina dan arteri retina.

Namun, seperti arteri lain di tubuh Anda, arteri retina dapat tersumbat oleh kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan oklusi vena retina atau stroke mata. Jika ini terjadi, mata Anda bisa menjadi bengkak, memengaruhi penglihatan sentral Anda. Gejalanya adalah penglihatan yang berubah atau kabur pada satu mata, sakit di mata, melihat pelampung. Jika Anda menduga memiliki oklusi vena retina, dapatkan bantuan medis segera, karena ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA