Ahad 24 Oct 2021 15:57 WIB

Taiwan Diguncang Gempa Bumi

Biro cuaca Taiwan mengatakan episentrum gempa di kabupaten Yilan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Gedung-gedung di Taipei bergoyang karena gempa 6,5 skala richter.
Foto: EPA-EFE/RITCHIE B.TONGO
Gedung-gedung di Taipei bergoyang karena gempa 6,5 skala richter.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Gedung-gedung di Taipei bergoyang karena gempa 6,5 skala richter. Guncangan yang terasa di timur laut Taiwan dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan.

Gempa dengan kedalaman 66,8 kilometer itu dapat dirasakan di seluruh timur, utara dan barat Taiwan. Biro cuaca Taiwan mengatakan episentrum gempa di kabupaten Yilan.

Pada Ahad (24/10) transportasi massal metro Taipei ditutup sementara untuk pemeriksaan tapi kemudian segera dibuka kembali. Operator pembangkit listrik mengatakan jaringan mereka beroperasi dengan normal.

Sementara itu pengelola rel kereta mengatakan sedang melakukan pemeriksaan rel. Produsen chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd mengatakan mereka sempat mengevakuasi karyawannya.

"Personel di pabrik-pabrik TSMC di utara Taiwan dievakuasi selama gempa bumi sesuai dengan prosedur perusahaan dan semua sistem keamanan berfungsi dengan normal," kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa yang terjadi di selatan Taiwan pada 2016 lalu. Sementara gempa berkekuatan 7,3 skala richter tahun 1999 menewaskan 2.000 orang lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement