Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Pelacur yang Masuk Surga Berkat Selamatkan Anjing

Ahad 24 Oct 2021 15:44 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi anjing

Ilustrasi anjing

Foto: EPA
Islam mengajarkan berbelaskasihan terhadap binatang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT membuka pintu surga bagi siapa pun hamba-Nya yang berbuat baik. Salah satunya, adalah pelacur. Cerita ini datang dari hadits Bukhari.

Dikisahkan, di sebuah sumur, hanya ada anjing dan seorang wanita pelacur itu. Mereka saling kehausan. Namun, air yang tersisa hanya cukup diminum salah satu dari mereka. Akhirnya, pelacur itu memberikan air kepada anjing.

Baca Juga

عن أبي هريرة - رضي الله عنه -، قال النبي - صلى الله عليه وسلم  غُفِر لامرأةٍ مومِسَةٍ مرت بكلب على رأس رَكيٍّ كاد يقتله العطش، فنزعت خفها فأوثقته بخمارها، فنزعت له من الماء فَغُفِر لها بذلك

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat depan anjing yang menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata ‘Anjing ini hampir mati kehausan.’ Lalu dilepaslah sepatunya kemudian diikatnya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum.” (HR Bukhari)

Satria Nova mengatakan dalam buku Masuk Surga Lewat Pintu Belakang, dari kejadian tersebut bisa diambil pelajaran, yaitu sesungguhnya rahmat Allah sangat luas. Dia akan menurunkan bagi siapa pun yang dikehendaki-Nya. 

Wanita pelacur itu diampuni dosa-dosanya hanya karena menolong seekor anjing yang dalam ajaran Islam merupakan hewan yang haram dagingnya dan najis.

Menurut beberapa ulama dibolehkan anjing polisi yang digunakan untuk melacak, untuk berburu, dan menjaga tanaman. 

Dalam cerita wanita pelacur dan anjing, tidak semua manusia yang ada di posisi wanita itu bisa melakukan hal yang sama. Bahkan, masih ada banyak yang tidak berbagi kepada sesama manusia sendiri di tengah kondisi yang sangat kehausan.

Oleh karena itu, hebatnya wanita itu, rela menolong walaupun hanya untuk seekor anjing dan membiatkan dirinya kehausan. Bisa dilihat ketulusan dan keikhlasannya yang luar biasa. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA