Ahad 24 Oct 2021 08:10 WIB

Jokowi Dorong Parpol Hadir Ringankan Beban Masyarakat

Parpol diharapkan juga hadir memberikan solusi atas persoalan di tengah masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong partai politik sebagai wadah artikulasi dan agregasi politik masyarakat agar selalu hadir mendampingi dan meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi. Selain itu, partai politik juga diharapkan mampu memberikan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Apakah parpol sudah berada di kanan kiri masyarakat saat menghadapi situasi (pandemi) seperti ini. (Parpol) dituntut untuk hadir meringankan beban masyarakat dan diharapkan juga hadir memberikan solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat kita,” ujar Jokowi di acara peringatan HUT ke-57 Partai Golkar, dikutip Ahad (24/10).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya dua krisis global yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia yakni krisis kesehatan dan juga krisis ekonomi. Untuk mengatasi dua krisis yang terjadi secara bersamaan inipun diperlukan tindakan-tindakan yang extra ordinary.

“Dalam kondisi seperti ini lembaga eksekutif ditantang dan diuji. Lembaga legislatif dan yudikatif juga diuji, semua diuji, apakah bisa menghadapi situasi ini dengan baik,” tambah dia.

Lebih lanjut, menurut Presiden, pandemi Covid-19 ini telah mengajarkan banyak hal bagi pemerintah, yakni pentingnya melakukan respon yang cepat dan tepat yang bisa menjangkau dan melindungi seluruh masyarakat hingga ke berbagai pelosok Tanah Air. Pandemi ini juga menjadi ujian bagi sistem kelembagaan di Indonesia, baik kelembagaan pemerintahan, ekonomi, maupun politik.

Saat ini, penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air telah menunjukan tren perbaikan. Kasus aktif pun terus menurun, begitu juga dengan tingkat penularan yang juga menunjukan pelandaian. Angka kematian juga terus menurun sejalan dengan membaiknya penanganan kesehatan. Di bidang perekonomian pun menunjukan pergerakan ke arah yang positif.

“Ekonomi kita tumbuh, neraca perdagangan mengalami surplus, purchasing manager index, manufacture juga semakin membaik,” ujar Jokowi.

Namun demikian, ia mengingatkan, pemerintah masih memiliki berbagai agenda strategis bangsa yang harus segera dituntaskan. Di antaranya yakni menyelesaikan masalah kemiskinan ekstrim, mendorong tumbuhnya semakin banyak lapangan kerja baru, serta membuat UMKM semakin kuat pascapandemi dan juga bisa naik kelas.

Presiden pun meyakini, Partai Golkar yang memiliki pengalaman dan semakin matang mampu mengayomi dan memberikan keteduhan bagi masyarakat. “Dengan kekompakan para kader yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, Partai Golkar tumbuh berakar kuat, menjulang tinggi sebagaimana pohon beringin yang mengayomi dan memberikan keteduhan,” ucap Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement