Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image olivia florendra

Sudah Dapat Jaringan 5G? Coba Test Kecepatannya Lewat 5 Aplikasi Ini!

Teknologi | Friday, 22 Oct 2021, 23:28 WIB
Aplikasi Test Kecepatan 5G

Indonesia telah memasuki era 5G saat ini. Memang belum komprehensif, tetapi di beberapa area Anda sudah dapat menikmati jaringan berkecepatan tinggi baru ini. Tapi apakah itu benar-benar cepat terbukti?

Jika Anda tertarik, seberapa cepat jaringan 5G di wilayah Anda dengan menguji jaringan 5G dalam aplikasi berikut yang dirangkum oleh palmolive2day.com dari broadwayinsouthafrica.org pada Kamis, 22 Oktober: Anda dapat membuktikan bahwa itu lancar. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.

1. Meteor OpenSignal

Salah satu aplikasi terbaik untuk menguji koneksi 5G adalah dari Meteor OpenSignal. Dengan tema yang sangat nyaman di mata Anda, aplikasi ini memiliki seperangkat alat yang kuat untuk mendukungnya. Tidak terlalu rumit dan mudah untuk menggunakan aplikasi ini.

Anda akan melihat kecepatan unduh, unggah, dan ping di jaringan 5G lokal Anda, tetapi yang terpenting, bagaimana koneksi 5G bekerja dengan berbagai aplikasi seperti YouTube, Slack, Netflix, dan lainnya. Detail juga akan ditampilkan.

Menariknya, Anda dapat mengikuti tes di tempat yang berbeda dan membandingkan kecepatan di submenu Peta. Menu Peta hanya menunjukkan kecepatan koneksi, bukan detail di mana menemukan lokasi jaringan 5G Anda, tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana koneksi 5G menangani aplikasi yang berbeda Ini adalah alat yang hebat.

2. Speedtest

Ada yang tau aplikasi ini? Banyak orang menggunakan Speedtest untuk menguji jaringan mereka. Hal ini karena telah terbukti sangat akurat. Speedtest Ookla memiliki aplikasi yang sangat mudah untuk diuji. Cukup tekan tombol untuk memulai.

Namun yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah data ditampilkan setelah pengujian. Mengizinkan aplikasi Anda mengakses data lokasi Anda lebih sering akan berkontribusi pada sejumlah besar kartu data.

Buka submenu Peta untuk melihat di mana Anda dapat mengakses 5G, LTE, dan koneksi lainnya di berbagai jaringan. Ini sangat berguna jika Anda ingin mencoba koneksi 5G baru. Aplikasi ini juga memiliki VPN bawaan sehingga Anda dapat menyimpan data dengan aman saat bepergian.

3. Nperf Speed Test

Aplikasi yang tampak paling mencolok juga sangat akurat. Selain menguji kecepatan dan stabilitas jaringan Anda, Anda dapat mengunjungi berbagai situs web, streaming video, dan benar-benar menguji konektivitas Anda.

Anda juga mendapatkan skor 100 dengan kekuatan koneksi browsing dan streaming. Jadi ini adalah perangkat yang sangat lengkap, menggunakan peta yang berbeda untuk setiap operator, tanpa menyebutkan data yang dapat melihat di mana koneksi 5G dan LTE berada di dekatnya.

4. Network Analyzer

Jika Anda ingin menggali lebih dalam statistik koneksi Anda, coba Network Analyzer. Tersedia di iOS dan Android, ini menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan. Anda dapat melihat kekuatan sinyal, alamat yang berbeda, jenis koneksi, dan banyak lagi.

Ada juga alat ping situs web sehingga Anda dapat melihat kekuatan ping Anda secara real time. Namun, sementara versi ringan dari alat ini tersedia secara gratis, versi pro berharga $4.

5. Cell Tower Location

Jika Anda benar-benar ingin tahu lebih banyak tentang menara seluler yang terhubung, coba aplikasi lokasi menara seluler. Ini memerlukan beberapa izin untuk bekerja, tetapi segera setelah aplikasi diluncurkan dan dijalankan, peta ditampilkan, menunjukkan dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi di mana menara terdekat berada dan seberapa jauh jaraknya.

Kecuali jika Anda tertarik dengan pengujian jaringan, penggunaannya terbatas, tetapi mengetahui di mana jaringan 5G Anda akan membantu. Sayangnya, iOS tidak mendukung alat tersebut, sehingga hanya tersedia di Android.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image