Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Sandiaga Uno Ajak Wisatawan Belanja Produk Lampung

Sabtu 23 Oct 2021 20:43 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kanan) mengamati produk industri kreatif yang dijual pada Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (23/10).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kanan) mengamati produk industri kreatif yang dijual pada Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (23/10).

Foto: ANTARA/Ardiansyah
Membangkitkan pariwisata perlu diiringi perbaikan daya beli oleh wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak wisatawan untuk berbelanja produk ekonomi kreatif (ekraf) Lampung guna menumbuhkan perekonomian daerah.

"Adanya perbaikan kondisi Covid-19 menjadi momentum sektor pariwisata Lampung bangkit. Penerapan protokol kesehatan juga harus dijaga," ujar Sandiaga saat pelaksanaan kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia, di Bandarlampung, Sabtu (23/10).

Menurutnya, di tengah upaya membangkitkan kepariwisataan Lampung, perlu pula terbentuk sinergitas dalam meningkatkan daya beli wisatawan akan produk ekonomi kreatif di sana. "Tantangan pertama kita ialah bagaimana cara agar wisatawan tidak hanya melihat produk tapi mau membeli produk ekonomi kreatif Lampung," ujar Sandiaga.

Dia melanjutkan, dengan mendorong wisatawan untuk mau membeli produk ekonomi kreatif, menjadi salah satu upaya membantu pengembangan produk Lampung. Melalui Apresiasi Kreasi Indonesia di Provinsi Lampung yang telah melewati hasil kurasi ini, ada sekitar 20 produk ekonomi kreatif Lampung yang pemerintah bantu promosikan.

Sandiaga mengatakan, dalam kegiatan pameran dan promosi produk itu, total ada 4.251 pendaftar dari ragam sektor. Sebanyak 31 peserta terseleksi dimana 20 pelaku ekraf telah difasilitasi untuk mempamerkan produk secara langsung. Dengan pameran ini diharapkan produk ekraf Lampung mampu menarik minat pembeli sehingga perluasan pasar akan terjadi.

"Dengan begitu, lapangan pekerjaan akan semakin luas. Sebab sektor pariwisata ini enam kali lipat lebih banyak dalam penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Sandiaga mengatakan, dengan adanya pertumbuhan pada sektor ekonomi kreatif dan pariwisata diharapkan kebangkitan ekonomi Lampung dapat terbentuk. Saat ini waktunya untuk ekonomi Lampung bangkit, karena potensi yang berlimpah.

"Tetapi, kita juga harus tetap menjaga protokol kesehatan di tempat-tempat wisata," kata dia.

 

Baca Juga

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA