Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image olivia florendra

Cara Menggunakan 4 Fitur Rahasia WhatsApp yang Dapat Mengurangi Ruang Penyimpanan

Teknologi | Saturday, 23 Oct 2021, 00:13 WIB
Fitur Rahasia WhatsApp

WhatsApp saat ini menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di smartphone. Hampir semua pengguna smartphone di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menggunakan WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka cintai.

Fitur aplikasi WhatsApp yang paling umum digunakan adalah mengirim dan menerima pesan, melakukan panggilan video biasa, dan berbagi status dengan orang-orang yang terhubung di kontak Anda.

Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa WhatsApp memiliki kemampuan untuk memungkinkan pengguna melihat hal-hal lebih detail dalam percakapan, cara praktis untuk mencegah terlalu banyak file disimpan di telepon.

Sebuah fitur rahasia yang jarang diketahui banyak pengguna WhatsApp dirangkum oleh tim aswec.org dalam artikel berikut ini.

Melihat dengan Siapa Anda Sering Mengobrol di WhatsApp

Jika Anda ingin tahu dengan siapa Anda paling sering berkomunikasi di WhatsApp, pengguna dapat mengetuk ikon tiga titik di aplikasi untuk melihatnya.

Kemudian klik ikon di pojok kanan atas, pilih Settings, pilih Data and Storage, dan buka Storage Management.

Anda akan melihat daftar kontak yang paling banyak Anda kirimi pesan di WhatsApp. Anda juga dapat mengetuk setiap kontak untuk melihat detail selengkapnya.

Menghapus Pesan Secara Otomatis

Selain mengetahui dengan siapa Anda paling sering berhubungan di WhatsApp, pengguna juga dapat menghapus pesan secara otomatis. Anda dapat mengaktifkan fitur Pesan Hilang agar semua pesan percakapan menghilang dari ruang obrolan Anda setelah 7 hari.

Mengaktifkan fitur ini akan mencegah ponsel Anda mengisi memori dengan cepat dan memudahkan pengguna untuk menghapus pesan lama.

Cara mengaktifkan fitur penghapusan pesan otomatis adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp. Buka obrolan pribadi atau grup dan ketuk kontak atau nama grup di bagian atas untuk mengaktifkan opsi Hilangkan pesan.

Ekspor Percakapan

Jika sebelumnya Anda dapat menghapus pesan secara otomatis, Anda dapat mengekspor percakapan yang menurut Anda penting untuk disimpan. Saat melihat percakapan, pengguna dapat mengetuk tombol menu lalu memilih Lainnya dan Ekspor Obrolan.

Menghapus File dengan Cepat

Selain menghapus pesan secara otomatis, pengguna juga dapat menghapus pesan dengan cepat. Anda dapat menghapus file yang tidak lagi digunakan untuk mencegahnya memenuhi ruang penyimpanan Anda.

Penyimpanan berkelanjutan dari file yang tidak digunakan oleh pengguna dapat memengaruhi kinerja ponsel cerdas. Menghapus satu file dari setiap obrolan bisa jadi membosankan.

Tapi jangan khawatir, Anda dapat menghapus file dengan cepat. Caranya, pengguna masuk ke aplikasi WhatsApp dan memilih pengaturan. Klik Penyimpanan & Data dan gulir ke bawah ke kolom Manajemen Penyimpanan.

Di bagian Lihat dan Hapus, pengguna dapat mengetuk tab Lebih dari 5MB atau Transfer Banyak kali. Kemudian pilih file yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus

Ini adalah fitur-fitur aplikasi WhatsApp seperti yang dikutip dari laman concursomarsans.info, tetapi jarang diketahui pengguna. Anda juga dapat menggunakan salah satu fitur untuk mempermudah pekerjaan Anda atau untuk tujuan lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image