Sabtu 23 Oct 2021 11:01 WIB

PDIP Gelar Khitanan Khas Budaya Betawi

DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar khitanan massal.

DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar khitanan massal.
Foto: istimewa
DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar khitanan massal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda, DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar khitanan massal. Uniknya, khitanan massal ini menampilkan budaya Betawi diiringi arak-arakan delman. 

7 delman berangkat dari Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Di masing-masing delman, ada empat orang anak yang ikut khiatanan berada di atasnya. Pernak-pernik memenuhi masing-masing delman. Setiap delman berjalan dalam arak-arakan menuju kantor pusat PDIP di Jalan Diponegoro. Ketua DPP PDIP bidang pemuda dan olahraga Eriko Sotarduga memimpin rombongan tersebut. Ketua DPD PDIP DKi Jakarta Adi Wijaya mendampingi Eriko. Dan Ketua DPC PDIP Jakarta Pusat Wa Ode Herlina yang mengurusi teknis pelaksanaan acara juga ikut. 

Baca Juga

Sementara di kantor pusat partai, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sudah menunggu. Hasto tampak menggunakan pakaian khas Betawi dengan dominasi warna merah dan putih. Budaya Betawi ditampilkan sesaat rombongan tiba di kantor DPP PDIP. 

Menurut Eriko, pelaksanaan acara memadukan tradisi agama dan budaya lokal tersebut sengaja dilakukan sesuai amanat dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

“Kita menjalankan pesan dari Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri agar antara budaya lokal dan keagamaan berlangsung dengan baik, dan kita bisa menjalankan ibadah agama dengan baik," jelas Eriko di Jakarta, dalam keterangannya, Sabtu (23/10). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement