Sabtu 23 Oct 2021 10:56 WIB

Mengenal Tracer Study dan Seberapa Besar Manfaatnya 

Kegiatan penyuluhan ini merupakan edukasi mengenai pemanfaatan google form

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan topik Penyuluhan Pemanfaatan Google Form untuk Meningkatkan Citra di Madrasah Al Muhajirin, Kota Bogor, pada Sabtu (9/10) silam.
Foto: Universitas BSI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan topik Penyuluhan Pemanfaatan Google Form untuk Meningkatkan Citra di Madrasah Al Muhajirin, Kota Bogor, pada Sabtu (9/10) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan topik ‘Penyuluhan Pemanfaatan Google Form untuk Meningkatkan Citra di Madrasah Al Muhajirin, Kota Bogor, pada Sabtu (9/10) silam. 

Alan Budi Kusuma, selaku ketua tim dibantu beberapa anggota dosen lain dan mahasiwa, melakukan kegiatan PM secara daring, melalui Zoom. Dalam pelatihan tersebut, Alan menyampaikan materi pokok seputar google form mulai dari pengertian, manfaat, serta arti dan tujuan tracer study.

Alan mengegaskan, kegiatan penyuluhan ini merupakan edukasi mengenai pemanfaatan google form untuk mengumpulkan data dan informasi alumni Madrasah Al Muhajirin. 

Menurutnya dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan pengurus yayasan dan para guru, sehingga mendorong sikap positif mengenai tracer study yang dapat digunakan sebagai media meningkatkan citra Madrasah Al Muhajirin sebagai sekolah yang memiliki alumni berprestasi dan tersebar baik di dalam maupun di luar Kota Bogor.

“Studi pelacakan alumni (tracer study) merupakan proses pendataan alumni dengan tujuan menggali informasi terkait dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk mengetahui masa transisi dari dunia sekolah menuju dunia kuliah atau kerja serta untuk menganalisis tingkat kompetensi yang di peroleh saat sekolah dan aplikasinya dalam dunia kuliah/kerja,” ungkap Alan.

Dengan dilakukan pelatihan ini, Alan berharap peserta dapat memahami dan mengenal akan manfaat dari tracer study yang sangat berkaitan dengan proses akreditasi. 

“Dalam akreditasi tracer study memiliki peran yang sangat penting, karena sangat bermanfaat untuk sekolah sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan kurikulum yang sudah ada. Selain itu, untuk pengembangan materi pelajaran dan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kampus dan kerja, dan sebagai data untuk akreditasi sekolah yang di selenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN-SM),” tutup Alan. 

Sementara itu, kegiatan yang dilakukan dosen Universitas BSI ini, juga bisa membantu mitra, dalam menyiapkan semuanya, untuk kebutuhan akreditasi atau pendataan di sekolah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement