Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Trik Atasi Sembelit Viral di TikTok, Manjurkah?

Sabtu 23 Oct 2021 09:58 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Sembelit (ilustrasi). Praktisi akupresur membagikan trik mengatasi sembelit di TikTok.

Sembelit (ilustrasi). Praktisi akupresur membagikan trik mengatasi sembelit di TikTok.

Foto: Boldsky
Praktisi akupresur membagikan trik mengatasi sembelit di TikTok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana feses dalam saluran pencernaan mengeras, sehingga sulit dikeluarkan. Ketika sembelit, seseorang umumnya buang air besar kurang dari tiga kali dalam sepekan.

Belakangan, ada cara sederhana yang bisa dicoba untuk menghilangkan sembelit. Melalui akun TikTok-nua, spesialis akupresur bernama Anita Tadavarthy mengungkap bahwa mengepalkan kedua tangan lalu menggosokkannya tepat di area jempol bertemu bisa atasi sembelit.

Baca Juga

Anita mengatakan, merangsang area ini bisa mendorong stimulasi di usus besar. Ini didasarkan pada pengobatan akupresur yang percaya bahwa tubuh memiliki jaringan yang menghubungkan organ tertentu dengan titik tekanan tertentu.

Praktisi akupresur menggunakan jari, telapak tangan, siku atau kaki mereka, atau perangkat khusus untuk memberikan tekanan pada titik akupresur dan mengembalikan keseimbangan. Kulit di antara jempol dan jari telunjuk adalah salah satu dari titik-titik ini dan diklaim terhubung ke usus besar.

"Ada titik di tangan yang terhubung ke usus besar. Ini adalah kunci dalam membawa aliran darah dan stimulasi ke daerah yang bermasalah. Pijatan pada titik akupresur dikenal sebagai usus besar 4 (LI4) ini merangsang usus besar atau kolon," kata Anita, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (23/10).

Anita menjelaskan, pijatan pada titik akupresur memicu kontraksi usus besar untuk mengeluarkan tinja. Itulah mengapa ini bekerja dengan sangat baik.

Anita mengatakan bahwa cara ini mungkin tidak langsung manjur bagi sebagian orang. Jadi, cobalah melakukannya selama beberapa menit, dua kali sehari, selama dua pekan.

Anita mengingatkan, ibu hamil untuk tidak mencoba trik tersebut karena bisa juga menyebabkan kontraksi yang tidak diinginkan.

Orang mungkin menemukan menggunakan berbagai metode akupresur membantu menghilangkan rasa sakit, penyakit atau meningkatkan suasana hati. Namun, berhati-hatilah karena tidak ada dasar ilmiah untuk metode tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA