Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Bungkam Villa, Arsenal Kembali ke Jalur Kemenangan

Sabtu 23 Oct 2021 05:07 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa.

Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa.

Foto: EPA-EFE/NEIL
Arsenal sebelumnya meraih dua hasil imbang di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal menjaga tren tak terkalahkan setelah menaklukkan Aston Villa 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (23/10) dini hari WIB. Tiga poin di Stadion Emirates memastikan Arsenal melewati enam laga di Liga Primer Inggris tanpa terkalahkan. The Gunners juga kembali ke jalur kemenangan setelah dalam dua laga sebelumnya melawan Brighton and Hove Albion serta Crystal Palace hanya bermain imbang.

Hasil ini sekaligus menghentikan rentetan hasil buruk Arsenal melawan Aston Villa. Ini menjadi kemenangan pertama Arsenal dalam empat pertemuan terakhir melawan Villa di Liga Inggris setelah tiga pertandingan sebelumnya the Gunners selalu kalah.

Baca Juga

Thomas Partey membuka keran gol Arsenal pada babak pertama. Emile Smith-Rowe dan Pierre-Emerick Aubameyang sama-sama membukukan satu gol dan satu assist untuk membawa Arsenal sementara naik ke posisi kesembilan klasemen dengan koleksi 14 poin. Adapun Villa (10) tak beranjak dari urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Jalannya laga

Arsenal menekan sejak kick-off dan nyaris membuka keunggulan saat laga baru berusia empat menit. Aubameyang menyambut umpan silang Bukayo Saka dengan tembakan akrobatik yang melambung di atas mistar gawang.

Pada menit kedelapan Aubameyang sukses menyarangkan bola ke gawang Villa, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Craig Pawson yang menilai Alexandre Lacazette terlebih dulu melakukan pelanggaran dalam proses serangan.

Pada menit ke-20, Arsenal menciptakan peluang lagi melalui tembakan voli Partey yang berakhir menghantam mistar gawang. Tiga menit kemudian dominasi Arsenal membuahkan hasil saat Smith-Rowe mengirimkan umpan sepak pojok akurat yang disambut tandukan Partey untuk membuka keunggulan 1-0 atas Villa.

Pada menit kedua injury time terjadi insiden di dalam kotak penalti Villa saat Lacazette dijatuhkan oleh Matt Targett yang menimbulkan protes para pemain Arsenal bahkan sorak sorai dari tribun Emirates.

Setelah meninjau langsung monitor VAR di tepi lapangan, Pawson akhirnya menunjuk titik putih. Eksekusi penalti Aubameyang awalnya bisa dimentahkan oleh kiper Emiliano Martinez, tetapi kapten Arsenal itu sigap menyambar bola muntah demi menggandakan keunggulan tuan rumah.

Momentum Arsenal berlanjut pada babak kedua. Pada menit ke-56, Smith-Rowe turut mencatatkan namanya di papan skor. Ia menyambut umpan kiriman Aubameyang dengan tembakan yang berbelok mengenai Tyrone Mings sehingga mengecoh Martinez.

Villa yang sejak awal laga tertekan nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-62, tetapi tembakan Emiliano Buendia bisa dihalau kiper Aaron Ramsdale dengan menggunakan kakinya.

Gol balasan Villa baru lahir pada menit ke-82 melalui Jacob Ramsey yang menyambut umpan Leon Bailey dengan tembakan sentuhan pertama. Sayanga Villa gagal menemukan momentum kebangkitan dan Arsenal memenangi laga dengan skor 3-1.

Arsenal akan bertandang ke Stadion King Power menghadapi Leicester City, Sabtu pekan depan, sedangkan Villa sehari berselang menjamu West Ham United di Villa Park.

Sebelum itu, Arsenal bakal terlebih dulu melakoni laga 16 besar Piala Liga Inggris melawan Leeds United di Emirates pada Selasa (26/10). 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA