Sabtu 23 Oct 2021 04:59 WIB

STP NHI Bandung Miliki Unit Enhaiipreneur Center

STP NHI Bandung ingin menyiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
STP NHI Bandung Miliki Unit Enhaiipreneur Center. Foto Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) di empat desa wisata sejak April hingga Juli 2021.
Foto: Istimewa
STP NHI Bandung Miliki Unit Enhaiipreneur Center. Foto Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) di empat desa wisata sejak April hingga Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung), menggelar wisuda Tahun 2021, Jumat (22/10). Tema yang diangkat adalah “Mencetak SDM Unggul, Berjiwa Wirausaha, Kreatif dan Inovatif serta Berdaya Saing Global di Masa Pandemi Covid-19”.

Menurut Plt Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Andar Danova L Goeltom, S.Sos., M.Sc, upacara wisuda kali ini dilaksanakan secara bersamaan oleh 6 (enam) Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia secara hybrid (online dan offline) menyesuaikan level PPKM yang ditetapkan di masing-masing wilayah. Yakni, STP Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok. 

Poltekpar Palembang, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Wisuda Hybrid Bersama. Pembukaan Wisuda Bersama Hybrid PTNP Kemenparekraf/Baparekraf yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia beserta rombongan di Palembang.

Andar Danova mengatakan, STP NHI Bandung mengundang 9 (sembilan) mahasiswa perwakilan setiap jurusan untuk melaksanakan prosesi secara drive thru di Lobby Entrance Enhaii Hotel dengan mengendarai delman dan becak. 

"Kami pun mendukung program wirausaha sesuai dengan tagline Tourism Entrepreneur Campus," ujar Andar Danova.

Menurut Andar Danova, STP NHI Bandung memiliki Unit Enhaiipreneur Center dimana para mahasiswa memperoleh bimbingan langsung selain dari dosen, tenaga pengajar, juga para coach/mentor yang merupakan praktisi wirausaha di industri pariwisata. 

"Mahasiswa yang mengikuti program inkubasi wirausaha dapat berdiskusi, mendapatkan arahan dari mentor dalam upaya merealisasikan ide dan gagasan usahanya melalui praktik langsung di Unit Practical Area (UPA) Enhaii Corner 186," paparnya.

Sesuai dengan tema wisuda tahun ini, kata dia, maka diharapkan para lulusan STP NHI Bandung dapat menjadi pendorong bangkitnya ekonomi pariwisata dengan penciptaan terobosan baru mengadaptasikan kondisi pandemi untuk pariwisata yang aman dan berkelanjutan. Serta, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya demi keberlangsungan kepariwisataan yang semakin berkualitas di Nusantara. 

Jumlah Wisudawan Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung Tahun 2021 sebanyak 544 mahasiswa dari jenjang Pascasarjana hingga Diploma III. Peserta wisuda terdiri dari 15 orang lulusan Pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 146 orang lulusan Diploma IV, dan 323 orang lulusan Diploma III.

Andar Danova berharap, penyelenggaraan wisuda untuk para wisudawan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diraih untuk diabdikan bagi pembangunan bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya. 

“Tentunya berbagai terobosan perlu dihadirkan dengan membangun budaya akademik yang kondusif didukung dengan pengembangan sarana maupun prasarana pendidikan yang baik untuk meningkatkan kemandirian, kreatifitas mahasiswa dalam menikmati proses belajar mengajar di STP NHI Bandung," katanya.

Menurutnya, dalam proses tersebut, karakter yang kuat dan multiplikasi kemampuan diperlukan untuk membangunan sumber daya manusia di STP NHI Bandung.

Sebagai sebuah lembaga tinggi milik pemerintah, kata dia, STP NHI Bandung ingin menyiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia serta memiliki sikap dan perilaku yang baik. 

"Pembangunan SDM menjadi fokus utama pemerintah di Tahun 2021 dan Perguruan Tinggi Pariwisata menjadi pusat inkubasi, pembinaan dan pendidikan insan pariwisata profesional," tegasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement