Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Presiden Korea Selatan akan Hadiri COP26 dan KTT G20

Sabtu 23 Oct 2021 01:56 WIB

Red: Teguh Firmansyah

 Presiden Korea Selatan Moon jae-in.

Presiden Korea Selatan Moon jae-in.

Foto: AP/Choe Jae-koo/Yonhap
Presiden Moon juga akan bertemu dengan Paus Fransiskus.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan terbang ke Eropa pekan depan untuk menghadiri KTT G20 di Roma dan KTT Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang perubahan iklim (COP26) di Skotlandia. Perjalanan selama sembilan hari yang akan dimulai pada Kamis (28/10) itu akan mencakup pertemuan antara Presiden Moon dan Paus Fransiskus di Vatikan pada 29 Oktober.

Demikian disampaikan juru bicara presiden Korea Selatan pada Jumat."Di Vatikan, kedua pihak ingin membahas cara untuk mempromosikan perdamaian di semenanjung Korea dan isu-isu global," kata juru bicara Moon.

Baca Juga

Moon kemudian akan berpartisipasi dalam pertemuan dua hari para pemimpin G20 di Roma mulai 30 Oktober, sebelum menuju ke Glasgow untuk KTT COP26 yang akan berlangsung dari 31 Oktober hingga 12 November. Dia juga berencana untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Hongaria. D sana Moon akan ambil bagian dalam pertemuan puncak dengan negara-negara yang disebut "Empat Visegrad", termasuk Polandia, Slovakia, dan Republik Ceska.

Korea Selatan adalah salah satu ekonomi yang paling bergantung pada bahan bakar fosil di dunia. Batu bara menyumbang 41 persen lebih pada listrik negara itu dan energi terbarukan lebih dari 6 persen.Tahun lalu, Moon berjanji untuk menjadi negara karbon netral pada tahun 2050 untuk menciptakan lapangan kerja dan mendorong pemulihan ekonomi yang terhantampandemi virus corona. Bulan ini dia berjanji untuk meningkatkan target pengurangan emisi dari 26,3 persen menjadi 40 persen pada 2030 dari level 2018.Sumber: Reuters

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA