Sabtu 23 Oct 2021 06:50 WIB

Mau Selfie Tampak Lebih Menarik? Ambil Sisi Kiri Wajah

Mengapa wajah sebelah kiri wajah tampak lebih menarik untuk difoto?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Selfie. Dokter yang populer di TikTok mengungkap alasan memotret sisi kiri wajah dapat menghasilkan foto yang lebih menarik.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Selfie. Dokter yang populer di TikTok mengungkap alasan memotret sisi kiri wajah dapat menghasilkan foto yang lebih menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika selfie, orang sering mengambil foto beberapa kali untuk menemukan angle yang pas. Menurut dr Fayez Ajib, wajar jika seseorang merasa ingin tampil lebih menarik dalam foto.

Untuk mendapatkan angle terbaiknya, misalnya, ada perempuan yang senang difoto dari sebelah kiri atau mungkin dari sebelah atas. Dalam postingan di akun TikTok miliknya, sang dokter menjelaskan bahwa memotret sisi kiri wajah akan membuat orang tampak lebih menarik.

Baca Juga

Para TikTokers pun telah mengunggah ulang keterangannya di platform media sosial tersebut. Dr Fayez mengatakan, ada alasan mengapa sisi kiri wajah manusia terlihat lebih baik daripada sisi kanan.

Alasannya sama dengan beberapa orang yang lebih senang melukis potret dari sebelah kiri. Apa sebetulnya penyebabnya?

"Ini adalah fenomena yang dikenal sebagai bias sisi kiri," ucap dr Fayez yang juga seorang dokter emergensi di Rumah Sakit dan Pusat Medis Aventura Miami, Amerika Serikat.

Pada dasarnya, menurut dr Fayez, otak kanan kita mengontrol emosi dan ekspresi Otak kanan juga mengontrol sisi kiri wajah.

"Jadi sisi kiri wajah akan lebih baik dalam mengekspresikan emosi, yang menurut banyak orang menyenangkan secara estetika," jelas dr Fayez.

Peneliti juga menemukan bahwa perempuan cenderung melihat wajah orang dengan bias sisi kiri. Para ahli di Queen Mary University of London, Inggris mendukung klaim bahwa perempuan terkadang dapat melihat sesuatu secara berbeda.

Pelacakan mata digunakan untuk menentukan bagaimana kelompok lelaki dan perempuan memandang orang lain ketika mereka pertama kali bertemu. Para peneliti menemukan, perempuan juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajahi wajah seseorang daripada lelaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement